Pakar Keamanan Kok Cuek dengan Keamanan Sendiri?

Pakar Keamanan Kok Cuek dengan Keamanan Sendiri?

- detikInet
Jumat, 25 Apr 2008 10:50 WIB
Jakarta - Para ahli keamanan jaringan dan komputer tetaplah manusia biasa. Peringatan yang kerap mereka dengung-dengungkan untuk mengamankan komputer ternyata juga sering dilanggar oleh diri mereka sendiri.

Hal ini terungkap saat para ahli keamanan tersebut bertemu di acara Infosec Europe 2008, ajang dimana para ahli keamanan di Eropa berkumpul.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan perusahaan sekuriti Kensington pada saat acara berlangsung, hanya ada 61 dari 315 laptop para ahli keamanan tersebut yang dikunci. Walaupun banyak juga peserta yang mengunci laptop mereka, tapi mayoritas peserta mempercayakan kepada stafnya untuk sekadar mengawasi.

"Ini merupakan kecerobohan para ahli keamanan yang mengabaikan keamanan laptop mereka, apalagi di acara seperti ini," ujar Bruce Sykes, regional sales director Kensington Eropa Utara.

Jika dibandingkan dengan dua tahun lalu, kecerobohan yang dilakukan para ahli keamanan kali ini terhitung lebih parah. Tahun 2005 ditemukan ada sekitar 70 persen laptop yang ditinggalkan tanpa dikunci.

"Laptop di ajang pameran tentunya menyimpan banyak informasi berharga. Sekalipun laptop tersebut kosong dan hanya digunakan untuk ajang ini, tetap saja di dalamnya terdapat presentasi dan informasi perusahaan yang akan disajikan," tambah Sykes, seperti dikutip detikINET dari ITNews, Jumat (25/4/2008).

Lebih lanjut Sykes menandaskan, mengamankan laptop atau komputer dengan menguncinya merupakan langkah pertama untuk mengamankan pencurian data.

Punya cerita seru tentang seluk beluk keamanan komputer atau jaringan? Yuk, berbagi di detikINET Forum.

(faw/ash)