Sexbot Mulai Pantau IG Story, Jangan Tertipu Foto Seksi!

Sexbot Mulai Pantau IG Story, Jangan Tertipu Foto Seksi!

ADVERTISEMENT

Sexbot Mulai Pantau IG Story, Jangan Tertipu Foto Seksi!

detikcom - detikInet
Kamis, 26 Jan 2023 06:49 WIB
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration.
Sexbot mulai memantau Instagram Story para pengguna yang profilnya tidak di-private. Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Sexbot (robot seks) mulai memantau Instagram Story para pengguna yang profilnya tidak di-private. Awas terkecoh dengan username dan foto seksi, sexbot ternyata bisa menjadi awal ancaman keamanan data pribadimu. Sexbot adalah robot yang dirancang untuk seks atau program spam yang menyamar sebagai orang asli.

Sebelumnya, sexbot terpantau hanya beraksi lewat like di unggahan feed. Kini, sexbot makin aktif dengan menuliskan komentar nakal hingga like di IG Story dengan tujuan memancing pengguna untuk membuka profil mereka lebih jauh.

Ketika pengguna tertarik untuk membuka bio akun sexbot, biasanya di bio akan terpampang sebuah url yang menghubungkan pengguna ke sebuah website. Website tersebut tentu saja menyajikan tulisan menarik seperti 'ada kiriman foto seksi untukmu' dan lain sebagainya. Nah, begitu pengguna terjebak mengklik tautan tersebut, website akan meminta persetujuan untuk mengakses data personal.

Data pribadi yang bisa diambil adalah email dan nomor telepon, tak menutup kemungkinan untuk izin lainnya yang lebih sensitif seperti lokasi hingga akses media juga kamera. Karena itu, dianjurkan untuk mengunci akun alias mengubah akun menjadi akun private akan terhindar dari sexbot.

BuzzFeed sempat meminta komentar Meta selaku perusahaan induk Instagram mengenai sexbot yang merajalela. Pihaknya mengaku sudah melakukan pembenahan berkelanjutan.

"Kami terus berinvestasi pada teknologi anti-spam, juga pada tim keselamatan dan keamanan kami yang lebih dari 40 ribu orang yang mana fokus menjaga spam dan tipe konten lainnya yang melanggar platform kami," ungkap juru bicara Meta.

Sexbot memang kerap digunakan dalam aksi scam atau penipuan. Itu dikarenakan seks menjadi topik yang mudah menarik perhatian orang. Tapi ingat baik-baik nasihat untuk tidak mudah mengklik link yang tidak jelas keamanannya. Dengan menjaga akun tetap privat dan tidak asal membuat tautan, harusnya kamu sudah bisa terhindar dari bahaya tipuan sexbot.



Simak Video "Instagram Bakal Hapus Tab Shopping "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT