FBI Sarankan Pengguna Internet Pakai Ad Blocker, Apa Alasannya?

FBI Sarankan Pengguna Internet Pakai Ad Blocker, Apa Alasannya?

ADVERTISEMENT

FBI Sarankan Pengguna Internet Pakai Ad Blocker, Apa Alasannya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 26 Des 2022 08:48 WIB
Seseorang mencari informasi berita hoax
FBI Sarankan Pengguna Internet Pakai Ad Blocker, Apa Alasannya? Foto: Thinkstock
Jakarta -

Ad blocker sudah jadi alat penting untuk memblokir iklan mengganggu saat browsing internet. Bahkan Federal Bureau of Investigation (FBI) juga menyarankan pengguna internet untuk selalu menginstal ad blocker.

Menjelang libur akhir tahun, FBI memperingatkan banyak penjahat siber yang memanfaatkan iklan online di hasil pencarian untuk mencuri uang dari korban yang lengah.

Dalam pengumumannya, FBI mengatakan penjahat siber membeli iklan online untuk meniru brand ternama, termasuk perusahaan exchange kripto. Iklan itu kadang ditempatkan di bagian paling atas hasil pencarian dan tidak terlihat berbeda dengan hasil pencarian yang asli.

Pengguna internet yang tidak hati-hati bisa saja mengklik iklan palsu ini karena dibuat sangar mirip seperti brand yang ditiru. Jika diklik, iklan palsu ini justru mengarahkan pengguna ke halaman phishing yang berpotensi mencuri kredensial akun atau rekening online pengguna.

Iklan berbahaya ini juga digunakan untuk mengelabui korban agar mau menginstal aplikasi berisi malware yang bisa mencuri password dan mengaktifkan ransomware, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (26/12/2022).

Salah satu rekomendasi FBI untuk menghindari penipuan seperti ini adalah dengan menginstal ad blocker. Sesuai namanya, ad blocker adalah ekstensi browser yang bisa memblokir iklan online di semua halaman internet, termasuk hasil pencarian Google.

Untungnya banyak ad blocker terpercaya yang bisa diinstal secara gratis. Salah satunya adalah uBlock Origin yang tersedia di semua browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Opera.

Selain itu kalian juga bisa instal ad blocker di Android dan iOS, yang bisa memblokir iklan dari perangkat kalian. Kalian juga bisa mengaktifkan dan mematikan ad blocker kapan saja, dan bahkan bisa mengizinkan iklan untuk situs tertentu.

Sebagai tambahan, FBI juga menyarankan pengguna internet untuk selalu mengecek alamat web atau URL dari iklan yang hendak diklik. Tips lainnya adalah dengan selalu mengetik domain situs yang ingin dikunjungi secara manual, bukan lewat hasil pencarian.



Simak Video "Pria Bersenjata Berupaya Terobos Gedung FBI"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT