4 Aplikasi Android Ini Ternyata Berbahaya, Segera Hapus dari HP!

4 Aplikasi Android Ini Ternyata Berbahaya, Segera Hapus dari HP!

ADVERTISEMENT

4 Aplikasi Android Ini Ternyata Berbahaya, Segera Hapus dari HP!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 01 Des 2022 20:00 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
4 aplikasi berbahaya yang harus dihapus dari HP segera! Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Jakarta -

Hati-hati ketika mengunduh sebuah aplikasi untuk smartphone yang notabene menyimpan berbagai informasi penting hingga pribadi kita. Jangan pula tertipu dengan aplikasi yang nampak baik-baik saja, tapi ternyata berbahaya bagi keamanan data di HP.

Mengutip dari Bgr, ada daftar baru berisi empat aplikasi yang berbahaya di Google Play Store. Meski sudah dihapus dari Google Play Store, bisa jadi aplikasi tersebut sudah terlanjut terinstal di HP kamu.

Analis dari Malwarebytes Labs menyoroti aplikasi Android berbahaya yang terinfeksi trojan iklan tersembunyi. Keempat aplikasi tersebut telah mengumpulkan lebih dari 1 juta unduhan jika ditotal. Analis Malwarebytes Labs Nathan Collier mencatat bahwa pengembang ini telah menyebarkan malware di Google Play sebelumnya.

Berikut ini adalah daftar aplikasi berbahaya yang harus segera kamu hapus dari HP:

  • Bluetooth Auto Connect
  • Bluetooth App Sender
  • Driver: Bluetooth, Wi-Fi, USB
  • Mobile transfer: smart switch

Menurut Malwarebytes, aplikasi di atas tidak menunjukkan perilaku jahat apapun dalam 72 jam pertama setelah diunduh. Tetapi, aplikasi ini mulai membuka situs phishing di Chrome setelahnya.

Beberapa situs relatif tidak berbahaya, namun bertujuan menghasilkan pendapatan dengan membuat pengguna mengklik iklan. Tapi ada juga situs yang lebih berbahaya. Situs tersebut bakal mencoba mengelabui pengguna dengan memberi tahu mereka bahwa HP mereka telah terinfeksi atau perlu memperbarui perangkat mereka.



Simak Video "5 Aplikasi Berbahaya untuk Anak "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT