Bjorka Beraksi Lagi! Sebar Data Kepala BSSN dan Sindir Anggaran

ADVERTISEMENT

Bjorka Beraksi Lagi! Sebar Data Kepala BSSN dan Sindir Anggaran

Tim - detikInet
Kamis, 29 Sep 2022 13:54 WIB
Kantor BSSN di Sawangan, Depok, Jawa Barat.
Kantor BSSN. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Setelah cukup lama menghilang, Bjorka hari ini kembali beraksi. Melalui akun Telegram-nya dan postingan di Breached Forums, hacker yang belum diketahui di mana keberadaannya itu, menyebarkan data pribadi alias doxing terhadap kepala BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Hinsa Siburian.

Dalam postingan di Telegram itu, Bjorka memajang foto Hinsa dalam seragam tentara. Tak hanya itu, sang hacker menyertakan tangkapan layar berita online berjudul "Anggaran BSSN Naik Jadi Rp624 M, 'Berkah' Bjorka?" dalam versi terjemahan ke Bahasa Inggris.

"Mari kita tanya orang tua ini uang itu akan dipakai untuk apa," tulis Bjorka dalam threadnya di Breached Forum.

Data pribadi Ketua BSSN yang dibocorkan Bjorka ini sedikit berbeda dibanding data-data pribadi pejabat tinggi Indonesia yang sebelumnya pernah dibocorkan. Perbedaannya ada pada tambahan satu baris data yang berisi kendaraan yang dimiliki.

Sementara itu tampaknya data yang lainnya masih tetap sama, misalnya sertifikat vaksin yang data terakhirnya masih dari tahun 2021.

Dalam postingan itu pun terlihat kalau Bjorka sudah mengaktifkan lagi grup Telegramnya yang baru, yang sebelumnya sempat tidak aktif selama beberapa waktu. Ia pun kembali menegaskan kalau sampai saat ini ia tidak mempunyai akun Twitter baru.

"Jika ada akun yang menggunakan nama saya, berarti ini akun palsu," tulis Bjorka di forum tersebut.

Sebelum ini,Bjorka sempat lama menghilang, baik di channel Telegram maupun postingan di forum Breached. Terakhir ia muncul lewat grup Telegramnya, dan menjanjikan mau membuat kejutan, juga mengklarifikasi soal kemunculan akun media sosial yang mengatasnamakan dirinya, pada Selasa (20/9/2022) lalu.

Sementara itu di forum Breached, ia pun tak membuat thread atau postingan apa pun. detikINET sedang berusaha menghubungi pihak BSSN untuk meminta tanggapan atas hal ini.



Simak Video "BSSN Pastikan Data yang Dibocorkan Hacker Bjorka Bukan Milik Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT