Hacker Bjorka Teridentifikasi, Remaja Cirebon Membantah

ADVERTISEMENT

Round up

Hacker Bjorka Teridentifikasi, Remaja Cirebon Membantah

Tim - detikInet
Kamis, 15 Sep 2022 07:15 WIB
Dunia internet tengah dihebohkan dengan kemunculan Bjorka, hacker yang diduga meretas situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
Hacker Bjorka Teridentifikasi, Remaja Cirebon Membantah. Foto: dok. ITPro
Jakarta -

Sepak terjang hacker Bjorka yang mengklaim telah membobol data pelanggan IndiHome sampai registrasi SIM Card membuatnya diburu aparat. Bahkan disebut dia telah teridentifikasi seperti terangkum berikut ini:

Menko Polhukam Mahfud Md Sebut Bjorka Teridentifikasi

sosok Bjorka, hacker yang belakangan menyita perhatian usai melakukan sederet aksi pembocoran data pemerintah, sudah diketahui. Menko Polhukam Mahfud Md memastikan hal ini.

"Kemudian, kita terus menyelidiki karena sampai saat ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh tim dan polisi. Tetapi belum bisa diumumkan," ujar Menko Polhukam Mahfud Md saat jumpa pers, Rabu (14/9/2022) seperti dilansir detikNews.

Mahfud mengatakan tim khusus perlindungan data sudah mengetahui sosok Bjorka. Mahfud menyebut pemerintah sudah memiliki alat untuk melacak Bjorka.

"Gambaran-gambaran siapa, dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," katanya

Mahfud menegaskan bahwa tidak ada data rahasia negara yang bocor. Mahfud mengatakan pemerintah akan hati-hati.

"Dan untuk masyarakat Indonesia, data-data yang sifat rahasia sampai sekarang belum ada, tapi kita akan jadikan ini sebagai pengingat kita untuk berhati-hati," kata Mahfud.

Hacker Bjorka Menghilang Tanpa Kabar

Setelah beberapa hari aktif di Twitter dan Telegram -- meski terus diblokir --, hacker Bjorka seakan menghilang dari peredaran.

Dari pantauan detikINET, ia tak lagi membuat akun Twitter setelah akun Twitter ketiganya (@bjorkanesia) diblokir. Sementara itu di grup Telegramnya pun, sampai berita dibuat, tak ada aktivitas pada Rabu (14/9/2022).

Postingan terakhir di grup tersebut adalah sebuah animasi GIF, yang diposting pada Selasa (13/9/2022) malam, tepatnya pukul 22.22. Sebelumnya Bjorka memposting lowongan penerjemah bahasa Polandia, Inggris, dan Indonesia.

"Saya butuh penerjemah, jika kamu penerjemah dan kamu perempuan, bisa kontak saya berikut dengan tarifnya," tulisnya di grup tersebut, Selasa (13/9/2022) malam.

Tak jelas keberadaan sosok yang membuat heboh Indonesia selama beberapa hari belakangan ini. Namun yang jelas, dalam konferensi persnya, Menko Polhukam Mahfud MD menyebut kalau pemerintah sudah berhasil mengidentifikasi Bjorka.

Simak video 'Bantahan Pria Cirebon yang Dituding Hacker Bjorka':

[Gambas:Video 20detik]



Halaman selanjutnya, bocah Cirebon bantah dituding Bjorka>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT