Hacker Bjorka 'Menghilang', Ada Apa?

ADVERTISEMENT

Hacker Bjorka 'Menghilang', Ada Apa?

Tim - detikInet
Rabu, 14 Sep 2022 18:11 WIB
Dunia internet tengah dihebohkan dengan kemunculan Bjorka, hacker yang diduga meretas situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Cek informasinya.
Hacker Bjorka 'Menghilang', Ada Apa? Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Setelah beberapa hari aktif di Twitter dan Telegram -- meski terus diblokir --, kini hacker Bjorka menghilang dari peredaran.

Dari pantauan detikINET, ia tak lagi membuat akun Twitter setelah akun Twitter ketiganya (@bjorkanesia) diblokir. Sementara itu di grup Telegramnya pun, sampai berita ini dibuat, tak ada aktivitas pada hari ini, Rabu (14/9/2022).

Postingan terakhir di grup tersebut adalah sebuah animasi GIF, yang diposting pada Selasa (13/9/2022) malam, tepatnya pukul 22.22. Sebelumnya Bjorka memposting lowongan penerjemah bahasa Polandia, Inggris, dan Indonesia.

"Saya butuh penerjemah, jika kamu penerjemah dan kamu perempuan, bisa kontak saya berikut dengan tarifnya," tulisnya di grup tersebut, Selasa (13/9/2022) malam.

Tak jelas keberadaan sosok yang membuat heboh Indonesia selama beberapa hari belakangan ini. Namun yang jelas, dalam konferensi persnya, Menko Polhukam Mahfud MD menyebut kalau pemerintah sudah berhasil mengidentifikasi Bjorka.

"Kemudian, kita terus menyelidiki karena sampai saat ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh tim dan polisi. Tetapi belum bisa diumumkan," ujar Menko Polhukam Mahfud Md saat jumpa pers di Kantornya, Rabu (14/9/2022) seperti dilansir detikNews.

Mahfud mengatakan tim khusus perlindungan data sudah mengetahui sosok Bjorka. Mahfud menyebut pemerintah sudah memiliki alat untuk melacak Bjorka.

"Gambaran-gambaran siapa, dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," katanya.

Ada juga akun Instagram @volt_anonym yang menyebut dirinya sebagai hacker Indonesia. Ia mengatakan kalau Bjorka adalah seorang bocah asal Cirebon.

Tak sampai di situ, lewat akun alternatifnya @voltcyber_v2, sang hacker memposting video yang diklaim menunjukkan siapa sosok asli Bjorka.

Tapi tentunya untuk memastikan siapa sosok Bjorka kita harus menunggu hasil investigasi pemerintah dan jangan termakan isu. Saat ini pihak Polri masih bekerja mengusut hal ini sehingga belum diketahui siapa sebenarnya identitas hacker Bjorka.

"Tim gabungan masih bekerja," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (14/9/2022).

Diketahui bahwa Dittipidsiber Bareskrim Polri ikut terlibat dalam tim khusus yang dibuat pemerintah untuk mengusut Bjorka. Dedi mengatakan pihaknya akan memberikan informasi selanjutnya terkait hal ini.

Simak juga Video: Hacker Bjorka Teridentifikasi, Polri: Tim Gabungan Masih Bekerja

[Gambas:Video 20detik]



(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT