28 Aplikasi Berbahaya Terlacak, Jutaan Pengguna Android Waspadalah

ADVERTISEMENT

28 Aplikasi Berbahaya Terlacak, Jutaan Pengguna Android Waspadalah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 27 Jul 2022 19:45 WIB
Ilustrasi serangan malware.
28 Aplikasi Berbahaya Ditemukan, Jutaan Pengguna Android Harap Waspada Foto: Shutterstock
Jakarta -

Aplikasi Android berbahaya kembali ditemukan di Google Play Store. Kali ini peneliti keamanan menemukan puluhan aplikasi adware dan malware yang sudah diinstal lebih dari 10 juta kali.

Puluhan aplikasi nakal ini ditemukan oleh peneliti keamanan dari Dr. Web. Sebagian besar aplikasi ini menyamar sebagai aplikasi edit foto, keyboard virtual, wallpaper, tema, notes, dan cleaner.

Tapi kenyataannya, aplikasi-aplikasi ini justru menyimpan kode berbahaya yang digunakan untuk menampilkan iklan yang mengganggu, mendaftarkan pengguna ke layanan premium, dan mencuri informasi media sosial pengguna.

Dr. Web menemukan 28 aplikasi adware di Play Store. Adware adalah aplikasi yang dirancang oleh developer untuk mendapatkan uang dengan cara menampilkan iklan mengganggu yang kadang sampai memenuhi layar ponsel.

Setelah diinstal, aplikasi adware akan meminta izin akses untuk menampilkan jendela overlay di atas aplikasi apapun. Aplikasi ini juga bisa menambahkan dirinya ke dalam daftar pengecualian battery saver sehingga tetap bisa berjalan di background meskipun sudah ditutup.

Untuk membuat pengguna kesulitan mencari aplikasi yang membuat ponselnya dibanjiri iklan dan boros baterai, aplikasi-aplikasi juga bisa menghilangkan ikonnya dari app drawer atau menggantinya dengan ikon yang mirip komponen sistem seperti 'SIM Toolkit'.

Daftar lengkap 28 adware yang ditemukan Dr. Web bisa kalian lihat di halaman berikutnya. Tapi ada satu aplikasi yang menarik perhatian yaitu 'Neon Theme Keyboard' yang saat ini masih berada di Play Store dan sudah diunduh lebih dari satu juta kali meski ratingnya hanya 1,8.

Selain adware, Dr. Web juga menemukan tiga aplikasi berbahaya yang disusupi malware Joker yang bisa menguras dompet atau pulsa pengguna dengan mendaftarkan korban ke layanan premium. Tiga aplikasi itu adalah 'Poco Launcher', '4K Pro Camera', dan 'Heart Emoji Stickers', seperti dikutip dari Bleeping Computer, Rabu (27/7/2022).

Ada juga dua aplikasi yang membawa malware pembajak akun Facebook. Aplikasi yang dimaksud adalah 'YouToon - AI Carton Effect' dan 'Pista - Cartoon Photo Effect' yang secara total sudah diunduh lebih dari 1,5 juta kali.

Dr. Web sudah melaporkan temuannya kepada Google. Sebagian besar aplikasi berbahaya ini sudah ditendang dari Play Store, tapi masih ada beberapa yang tersedia untuk diinstal.

Selanjutnya: daftar 28 aplikasi adware dan cara melindungi ponsel>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT