Awas! Trojan Ini Bersembunyi di Aplikasi HP dan Kuras Tabungan - Halaman 2

Awas! Trojan Ini Bersembunyi di Aplikasi HP dan Kuras Tabungan

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 14 Mei 2022 19:12 WIB
Ilustrasi Trojan
Foto: Dok. Kaspersky

4. GriftHorse.l

Tidak seperti yang telah disebutkan di atas, Trojan satu ini tidak memasukkan korban ke layanan berlangganan pihak ketiga - melainkan menggunakan miliknya sendiri. Pengguna akhirnya berlangganan salah satu layanan ini hanya dengan tidak membaca perjanjian pengguna dengan cermat.

Misalnya, ada aplikasi yang baru-baru ini menyebar secara intensif di Google Play, menawarkan untuk menyesuaikan rencana penurunan berat badan pribadi dengan biaya token. Aplikasi tersebut berisi cetakan kecil yang menyebutkan biaya berlangganan dengan penagihan otomatis. Ini berarti uang akan dipotong dari rekening bank pengguna secara otomatis tanpa perlu konfirmasi lebih lanjut dari pengguna.

Tips Aman dari Serangan Trojan di HP

Pakar keamanan di Kaspersky, Igor Golovin, mengatakan aplikasi dapat membantu kita tetap terhubung, bugar, terhibur, dan secara umum membuat hidup kita lebih mudah. Namun ada beberapa aplikasi seluler yang muncul setiap hari, untuk setiap selera dan tujuan.

"Penjahat dunia maya menggunakan ini untuk keuntungan mereka. Beberapa aplikasi dirancang untuk mencuri uang dengan membuat pengguna berlangganan layanan yang tidak diinginkan," ujarnya.

Untungnya kalau ancaman cyber di ponsel dapat dicegah. Caranya dengan mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan aplikasi Trojan beraktivitas di ponsel.

"Bahkan jik memercayai aplikasi tersebut, Anda harus menghindari untuk memberikan terlalu banyak izin dan akses. Hanya izinkan akses ke notifikasi untuk aplikasi yang membutuhkannya dan untuk melakukan tujuan yang dimaksudkan, misalnya, untuk mentransfer notifikasi ke perangkat wearable. Aplikasi seperti wallpaper bertema atau pengeditan foto tidak memerlukan akses ke notifikasi Anda" ungkap Igor .

Agar tetap terlindungi, para ahli Kaspersky juga merekomendasikan:

  • Tetap waspada saat memasang aplikasi dari Google Play. Baca ulasan, mencari tahu ulasan pengembang aplikasi, persyaratan penggunaan, dan detail pembayaran. Untuk perpesanan, pilih aplikasi terkenal dengan ulasan positif.
  • Memeriksa izin aplikasi yang Anda gunakan dan pikirkan baik-baik sebelum memberikan izin tambahan.
  • Menggunakan solusi keamanan yang andal untuk membantu mendeteksi aplikasi dan adware berbahaya sebelum mencapai tujuannya.
  • Memperbarui sistem operasi Anda dan aplikasi penting apa pun saat dan saat pembaruan tersedia. Banyak masalah keamanan dapat diselesaikan dengan menginstal versi perangkat lunak yang diperbarui.

[Gambas:Youtube]



(afr/rns)