Windows 11 Bakal Punya Fitur Anti Phishing

Windows 11 Bakal Punya Fitur Anti Phishing

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 10 Apr 2022 06:50 WIB
Windows 11
Ilustrasi Windows 11. Foto: Microsoft
Jakarta -

Microsoft bakal memberikan sejumlah fitur keamanan baru untuk Windows 11, termasuk untuk melindungi pengguna dari serangan phishing.

Pembaruan keamanan ini dijadwalkan akan hadir pada tahun 2022 ini, namun tak diungkap tanggal pastinya. Saat diaktifkan, fitur perlindungan phishing ini akan memberikan notifikasi ke pengguna pada kondisi yang diduga adalah aksi phishing.

Kondisi yang dimaksud adalah saat pengguna memasukkan informasi akun Microsoft mereka ke situs atau program yang sebelumnya sudah dikenali sebagai aksi phishing. Fitur yang sama juga bakal melindungi pengguna dari aksi penipuan lewat iklan.

Cara mengaktifkannya bisa dilakukan dengan masuk ke dalam menu Windows Security > App & Browser Control > Reputation-based Protection > Phishing Protection.

Fitur perlindungan phishing ini juga bisa memperingatkan pengguna soal penggunaan password yang sama ataupun penyimpanan password yang tak aman, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Minggu (10/4/2022).

Seperti diketahui, phishing adalah metode yang relatif sederhana untuk mencuri data-data pribadi yang masih sangat banyak dipakai saat ini. Alasannya adalah metode ini relatif mudah dilakukan namun punya tingkat keberhasilan yang tinggi.

Ada juga satu fitur keamanan menarik lain yang baru diperkenalkan Microsoft. Yaitu pemakaian AI berbasis cloud untuk memblokir aplikasi tak terpercaya, berbahaya, dan unsigned. Hanya saja untuk mengaktifkan fitur ini pengguna perlu menginstal ulang Windows-nya.

Microsoft pun berencana untuk memperkenalkan enkripsi data pribadi, yang membuat Windows Hello for Business bisa melindungi data penggunanya saat perangkatnya hilang atau dicuri.

Ada pun fitur bernama Hypervisor-Protected Code Integrity, yang bakal diaktifkan secara default pada pembaruan Windows 11 versi selanjutnya, yang bakal memastikan hanya driver terpercaya dan signed yang bisa terpasang di perangkat komputer.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)