Jangan Sampai HP Samsung Kamu Dibobol Hacker, Segera Update!

Jangan Sampai HP Samsung Kamu Dibobol Hacker, Segera Update!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 07 Apr 2022 10:15 WIB
A man walks behind a logo of Samsung Electronics at the companys headquarters in Seoul April 30, 2010.  REUTERS/Jo Yong-Hak/File Photo
HP Samsung Terancam Dibobol Hacker, Segera Update! Foto: Reuters
Jakarta -

Peneliti keamanan dari Kryptowire menemukan celah keamanan berbahaya di ponsel Samsung yang menjalankan Android 9 hingga Android 12. Celah keamanan ini bisa diakses hacker untuk mengambil alih ponsel hingga melakukan factory reset.

Kryptowire menemukan celah keamanan ini berkat tool Mobile Application Security Testing (MAST) yang bisa memindai celah keamanan di ponsel, serta beragam masalah keamanan dan privasi. Celah keamanan itu memiliki kode CVE-2022-22292, seperti dikutip dari Android Police, Rabu (6/4/2022).

Masalah keamanan ini terkait dengan aplikasi Phone yang ada di semua ponsel Samsung. Aplikasi ini memiliki privileged access untuk beberapa fitur sistem, tapi karena ada celah aplikasi lain bisa membajak privilege tersebut.

Celah keamanan ini memungkinkan aplikasi jahat untuk mengakses fungsi-fungsi yang terlindungi meski tidak mendapatkan izin akses dari pengguna. Jika celah ini dieksploitasi, hacker bisa melakukan factory reset, membuat panggilan telepon, menginstal dan menghapus aplikasi sesukanya, melemahkan keamanan HTTPS, dan lain-lain.

Kryptowire sudah menguji celah keamanan ini di Samsung Galaxy S21 Ultra, Galaxy S10+, dan Galaxy A10e. Ini bukan daftar lengkap ponsel yang terdampak, dan Kryptowire mengatakan ini hanya dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa berbagai versi, model, dan build Android dipastikan mengalami kerentanan.

Tapi ponsel Samsung yang menjalankan sistem Android lawas justru tidak terdampak. Contohnya Galaxy S8 yang menjalankan Android 8 tidak ikut terancam, tapi Kryptowire mengatakan masih harus memeriksa lebih jauh.

Kryptowire pertama kali menemukan celah keamanan ini pada November 2021 dan langsung mengabarkan temuannya kepada Samsung. Kabar baiknya, Samsung sudah menambal celah keamanan ini lewat update yang dirilis pada Februari 2022. Jadi solusinya ternyata mudah sekali, cukup update software ponsel Samsungnya.

Untuk itu semua pengguna ponsel Samsung yang menjalankan Android 9 hingga Android 12 disarankan untuk segera memperbarui sistem operasi ponselnya.

Caranya mudah saja, masuk ke Settings lalu pilih opsi Software Update. Lalu pilih opsi Download and Install jika sudah ada update yang tersedia.



Simak Video "4 HP Baru Samsung yang Dipasarkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)