Instagram Akan Hapus Add Yours yang Umbar Data Pribadi - Halaman 2

Instagram Akan Hapus Add Yours yang Umbar Data Pribadi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 09:51 WIB
Stiker Add Yours Instagram Disalahgunakan untuk Penipuan
Instagram Akan Hapus Add Yours yang Umbar Data Pribadi (Foto: Instagram)

Sangat disayangkan, karena keterpaparan data pribadi bukanlah tujuan awal Instagram meluncurkan fitur 'Add Yours'. Pada Selasa, 2 November 2021 lalu, Instagram secara resmi meluncurkan stiker Add Yours untuk membuat user generated content (UGC) yang bisa viral dan menguntungkan semua pengguna. Pengguna bisa menunjukkan sesuatu di IG Story. Lalu dia bisa meminta pengguna lainnya untuk menunjukkan hal yang sama.

Di Indonesia, hal itu akhirnya menjadi masalah ketika pertanyaan pada stiker Add Yours adalah data pribadi pengguna. Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengingatkan agar para pengguna internet harus lebih teliti dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

"Harus hati-hati dan waspada. Cek lagi jangan mudah ikut-ikutan tren. Harus paham mana yang bisa di-share dan yang tidak," kata Heru saat dihubungi detikcom.

Selain itu Ketua Divisi Akses Atas Informasi SAFEnet, Unggul Sagena, mengatakan para pengguna harus tetap memastikan keamanan data pribadi mereka. Jangan memposting data pribadi, palagi sekadar ikutan tren

"Yang berbahaya memang dari konten yang di-create pengguna. Untuk itu, selalu pastikan konten tidak bersifat pribadi dapat dikonsumsi publik (dilihat, dilibatkan, dan sebagainya)," kata dia kepada detikcom.



Simak Video "Viral! Ada yang Ngaku Tertipu Gegara 'Add Yours' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)