Heboh Dugaan Hacker China Bobol Kementerian Indonesia - Halaman 3

Round Up

Heboh Dugaan Hacker China Bobol Kementerian Indonesia

Tim - detikInet
Senin, 13 Sep 2021 06:17 WIB

3. Respons Kominfo: Serahkan ke BSSN

detikINET langsung mengejar konfirmasi pemerintah atas laporan Insikt Group. Pada Minggu (12/9) siang. Awalnya Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy mengatakan dugaan peretasan hacker China sedang diselidiki fakta-faktanya.

"Sedang kami cek," ujar Dedy kepada detikINET.

Pada malam harinya, barulah Menkominfo Johnny G Plate merespons dugaan 10 kementerian dan lembaga di Indonesia dibobol hacker China. Johnny menjelaskan hal yang berkaitan dengan serangan siber ditangani langsung Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Yang terkait dengan serangan siber sebaiknya ke badan siber. Kominfo selalu akan ikut membantu sesuai tupoksi Kominfo," ujar Johnny kepada detikINET.

Menkominfo mengungkapkan bahwa lintas kementerian dan lembaga selalu bekerja sama. "Info seperti itu perlu dicheck terlebih dahulu dan ada code of conduct dan prosedur yang perlu diperhatikan," ucapnya menjelaskan.

Kini publik akan menunggu, apakah hasil penyelidikan BSSN. Apapun itu, perlu jadi kepedulian semua pihak bahwa keamanan siber website pemerintahan perlu jauh ditingkatkan lagi.

(fay/afr)