Google Tawarkan Bantuan ke RI Bangun SDM Cybersecurity

Google Tawarkan Bantuan ke RI Bangun SDM Cybersecurity

Sui Suadnyana - detikInet
Kamis, 02 Sep 2021 16:50 WIB
Google, Google Indonesia, Ilustrasi Google Indonesia
Google Tawarkan Bantuan ke RI Bangun SDM Cybersecurity (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Badung -

Google menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk membangun sumber daya manusia (SDM) dalam keamanan siber. Cybersecurity sudah menjadi fokus global.

"Tolong undang Google, kami sangat ingin menjadi bagian dari ini. Karena ini juga menjadi fokus perusahaan kami secara global," kata Director of Governance Affairs and Public Policy Google Indonesia Putri Alam dalam acara Southeast Asia Internet Governance Forum (SEAIGF) 2021 di Bali, Rabu (1/9/2021).

Putri menuturkan, Chief Executive Officer (CEO) Google Sundar Pichai minggu lalu telah diundang oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk bertemu di White House. Pertemuan itu untuk membahas acara Cybersecurity Summit.

Oleh karena itu, cybersecurity menjadi fokus Google secara global. Google juga berkomitmen untuk duduk bersama dengan stakeholder supaya bisa turut membantu membangun SDM yang kuat di Indonesia untuk cybersecurity.

"Apakah itu melalui sertifikasi, karena Google sendiri punya program sertifikasi untuk cybersecurity," terang Putri.

Putri menilai, keberadaan cybersecurity sangat erat dengan literasi digital. Masih banyak orang yang belum paham pentingnya keamanan siber dan literasi digital. Proses edukasinya pun harus dibuat sesederhana mungkin.

"Di sinilah kita harus bisa jelaskan secara bersamaan bahwa cybersecurity akan berdampak juga ke kerahasiaan data pribadi Anda," jelas Putri.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Samuel A Pangarepan mengatakan, pihaknya ingin bekerja sama dengan Google, Microsoft, Facebook, Amazon untuk berbagai pelatihan digital talent, salah satunya cybersecurity. Saat ini sudah ada 100 ribu penerima Digital Talent Scholarship.

"Kami memang lagi memikirkan khusus program SDM cybersecurity. Karena Indonesia membutuhkan banyak sekali yang namanya digital talent yang terkait dengan cybersecurity," terangnya.

"Ada dari cybersecurity, ada artificial intelligence, data analytic, terus ada robotika. Jadi banyak sekali program, ya salah satunya adalah cybersecurity," jelas Samuel.



Simak Video "Kini Gmail Bisa Digunakan untuk Telepon dan Video Call"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)