Awas! Windows 11 Palsu Beredar, Disusupi Virus Trojan Berbahaya

Awas! Windows 11 Palsu Beredar, Disusupi Virus Trojan Berbahaya

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 26 Jul 2021 07:51 WIB
Infinix INBook X1 Pro
Windows 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kendati Microsoft memberi kesempatan pengguna mencoba Windows 11 lewat Insider Preview, banyak pengguna malah menginstall file ISO yang ada di internet. Padahal banyak Windows 11 ISO palsu beredar yang disusupi virus trojan berbahaya.

Perusahaan keamanan Kaspersky mengatakan bahwa mereka telah menemukan banyak file instalasi Windows 11 ISO yang tidak diketahui asalnya menyebar di internet. Secara khusus, file-file ini tidak berisi file instalasi Windows 11, tetapi menginstal virus dan trojan di komputer pengguna.

Menurut laporan Kaspersky, file yang beredar bernama 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe. File tersebut bahkan sempat diiklankan dengan iming-iming menginstal Windows 11 build 21996.1 dengan cara sederhana dan mudah.

Bahkan setelah instalasi akan secara otomatis mengaktifkan lisensi Windows 11. File ini memiliki kapasitas 1,75GB, sehingga banyak pengguna mengira ini adalah Windows 11 resmi. Namun pada kenyataannya, sebagian besar file ini terdiri dari banyak file DLL yang berisi banyak informasi yang tidak berguna.

Saat mengunduh 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe dan mengekstraknya, pengguna akan melihat ada 2 subfiles.exe yang berbeda. File.exe pertama adalah penginstall sedangkan file.exe kedua adalah pengunduh dan bahkan dilengkapi dengan perjanjian lisensi yang jarang dibaca. Jika pengguna menerima perjanjian tersebut, berbagai program jahat akan diinstal pada perangkatnya.

Kaspersky mengatakan telah mendeteksi ratusan kasus pencurian informasi, virus dan trojan terkait dengan file instalasi Windows 11. Sebagian besar file instalasi Windows 11 adalah malware, yang bertanggung jawab untuk mengunduh program jahat lainnya, mulai dari adware yang relatif tidak berbahaya hingga virus, trojan, spyware, pencurian informasi, bahkan pemerasan, demikian dilansir dari MSPoweruser.

Untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap peretas, baiknya menginstal Windows 11 dari sumber yang memiliki reputasi baik atau mendaftar ke program Windows Insiders.

Langkah-langkah bergabung ke Windows Insider dan cara menginstal Windows 11 bisa kamu baca di sini.



Simak Video "Siap-siap! Windows 11 Akan Tersedia 5 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)