Cara Cek Kebocoran Data Pribadi di Internet

Cara Cek Kebocoran Data Pribadi di Internet

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 24 Mei 2021 16:14 WIB
Situs Have I Been Pwned, salah satu tempat untuk mengecek kebocoran data pribadi.
Foto: Screenshot situs
Jakarta -

Data pribadi sering dianggap sepele oleh sebagian orang, dan seringkali tak dipedulikan saat bocor ke pihak tak bertanggung jawab.

Padahal dari data seperti nama, nomor telepon, alamat email, dan macam-macam data lainnya, saat diolah dan dipakai dengan tepat, bisa membahayakan dan tentunya merugikan untuk si korban.

Baru-baru ini pun ramai berita terkait bocornya data kependudukan warga Indonesia di dunia maya, yang diduga berasal dari data BPJS Kesehatan. Saat ini tampaknya memang belum ada cara untuk mengecek data kependudukan yang bocor di dunia maya, namun setidaknya kita bisa mengetahui apakah alamat email dan passsword yang kita pakai sudah tersebar dari aksi peretasan.

Untuk mengetahui apakah password dan email kita pernah bocor dalam peretasan bisa dilakukan dengan beberapa hal. Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Senin (24/5/2021) berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1.Have I Been Pwned

Have I Been Pwned (HIBP) adalah situs populer yang sudah ada sejak lama. Mereka mengumpulkan data-data yang berasal dari berbagai kejadian peretasan, dan pengguna bisa mengecek apakah email yang mereka pakai ada dalam database peretasan tersebut.

Database yang dipakai HIBP juga bisa diakses lewat situs lain, salah satunya periksadata.com buatan Ethical Hacker Indonesia. Cara kerjanya sama, pengguna cuma perlu memasukkan alamat email ke dalam kolom pencarian, dari situ akan terlihat alamat email ini pernah bocor di kejadian peretasan mana saja.

2. Google Chrome

Google punya fitur keamanan yang dibenamkan ke dalam browser Chrome-nya. Jadi saat pengguna memasukkan password ke sebuah situs, Google akan mengecek apakah password tersebut pernah tersebar dalam kejadian peretasan yang pernah terjadi.

Kini fitur tersebut diperluas, jadi selain memperingatkan pengguna atas password yang bocor, Google juga menyediakan akses langsung ke situs akun untuk mengganti password.

3. Firefox Monitor

Sama seperti Chrome, Firefox juga menyediakan fitur pengecek email dan password lewat monitor.firefox.com. Cara kerjanya terbilang sama, yaitu dengan memasukkan email ke kolom pencarian.

Kemudian bisa dilihat email tersebut pernah dipakai di layanan ataupun situs mana yang pernah bocor.

4. Avast

Perusahaan keamanan Avast juga punya sistem serupa yang bisa diakses di avast.com/hackcheck/. Cara dan hasil pencariannya pun terbilang sama dengan situs di atas.



Simak Video "Ini Alasan RUU Perlindungan Data Pribadi Tak Kunjung Selesai Dibahas"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)