Awas Clubhouse Palsu untuk PC, Isinya Malware!

Awas Clubhouse Palsu untuk PC, Isinya Malware!

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 10 Apr 2021 06:46 WIB
Clubhouse terancam diblokir di Indonesia, hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi yang sedang trend ini
Awas Tertipu Malware Berkedok Clubhouse untuk PC! Foto: BBC Indonesia
Jakarta -

Sejumlah iklan Facebook menyamar sebagai aplikasi Clubhouse untuk pengguna PC. Aplikasi ini tentu saja palsu, karena sejatinya berisi malware yang mengincar korban.

Saat diklik, iklan ini akan mengarahkan pengguna ke website Clubhouse palsu, termasuk tampilan screenshot aplikasi Clubhouse untuk PC, beserta tautan unduhan ke aplikasi berbahaya. Untuk diketahui, Clubhouse sejauh ini hanya ada di perangkat iOS.

Saat dibuka, aplikasi berbahaya ini mencoba berkomunikasi dengan server perintah dan kontrol untuk mendapatkan instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Lebih lanjut, aplikasi jahat tersebut mencoba menginfeksi mesin yang kemudian akan diisolasi dengan ransomware.

Seperti dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (10/4/2021) penjahat dunia maya memang kerap mendompleng sebuah momen atau aplikasi yang sedang populer untuk menjerat korban. Clubhouse tentu saja bisa dimanfaatkan karena saat ini banyak orang mencarinya, dan penasaran menjajal aplikasi tersebut.

Clubhouse didownload lebih dari 8 juta kali secara global. Antusiasme yang tinggi ini memancing para penjahat cyber membuat tiruannya sebagai kedok untuk menyebar malware.

Clubhouse palsuFoto: Tech Crunch

Meski demikian, tampaknya antusiasme terhadap Clubhouse di Facebook tidak sebesar itu. Setiap halaman Facebook yang meniru Clubhouse hanya memiliki sedikit like, tetapi masih aktif. Tetap saja, iklan-iklan semacam ini berpotensi membahayakan dan harus dibersihkan.

Saat dikonfirmasi, Facebook tidak menyebutkan ada berapa banyak akun yang mengklik iklan yang mengarah ke situs Clubhouse palsu. Namun setidaknya, ada sembilan iklan Clubhouse berseliweran di Facebook.

Beberapa iklan menampilkan kalimat, "Clubhouse kini tersedia untuk PC", dan iklan lainnya mencatut foto sang pendiri Clubhouse Paul Davidson dan Rohan Seth. Clubhouse sendiri tidak berkomentar apapun mengenai isu ini. Saat ini iklan-iklan tersebut telah dihapus dari Facebook Ad Library.



Simak Video "Clubhouse Siap Meluncur untuk Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)