Acer Kena Serangan Ransomware dengan Tebusan Rp 718 Miliar?

Acer Kena Serangan Ransomware dengan Tebusan Rp 718 Miliar?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Mar 2021 09:01 WIB
Acer Swift 5 2019
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Acer disebut terkena serangan ransomware dengan jumlah tebusan yang tak main-main, mencapai USD 50 juta atau sekitar Rp 718 miliar.

Dilansir The Verge, Senin (22/3/2021), serangan ini -- jika benar -- adalah ransomware dengan tebusan termahal di dunia sampai saat ini. Kabarnya, ransomware itu bisa menyusup ke jaringan Acer lewat celah yang ada di Microsoft Exchange.

Serangan ransomwarenya sendiri disebut berasal dari REvil, yang sebelumnya pernah 'mengirimkan' ransomware ke Travelex pada 2020 lalu. Kabarnya REvil memberikan waktu pada Acer sampai 28 Maret untuk membayar uang tebusan tersebut.

Jika tidak dibayar, REvil mengancam akan menyebarkan data yang berhasil mereka curi tersebut. Acer sendiri tak menepis maupun membenarkan kabar ini.

Mereka hanya menyatakan kalau Acer selalu memantau sistem teknologi informasi mereka, dan kebanyakan serangan siber berhasil mereka tangani. Mereka pun menyebut kalau sering menjadi korban percobaan serangan siber.

"Perusahaan seperti kami secara konstan mengalami serangan, dan kami sudah melaporkan situasi abnormal yang kami temukan baru-baru ini ke pihak berwajib serta badan perlindungan data di beberapa negara," ujar Acer dalam keterangannya.

Namun pihak Acer mengaku tak bisa mengungkap lebih banyak informasi karena akan mengganggu jalannya investigasi yang sedang berjalan.

"Karena investigasi ini masih berlangsung dan demi kepentingan keamanan, kami tak bisa memberikan informasi lebih jauh," jelas juru bicara Acer tersebut.

Celah keamanan Microsoft Exchange memang sempat membuat heboh beberapa waktu belakangan. Microsoft sudah beberapa kali merilis pembaruan keamanan untuk menambal celah tersebut.

Namun memang tak diketahui apakah Acer benar-benar menjadi korban serangan siber akibat adanya celah keamanan tersebut.



Simak Video "Acer 'Come Back' dengan Sederet Laptop Bertenaga Intel 11th Gen"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)