Pakai 'Google Drive Unlimited Seumur Hidup'? Siap-siap Kehilangan Data

Kolom Telematika

Pakai 'Google Drive Unlimited Seumur Hidup'? Siap-siap Kehilangan Data

Alfons Tanujaya - detikInet
Senin, 23 Nov 2020 07:05 WIB
Google drive
Foto: Internet
Jakarta -

Belakangan banyak tawaran di berbagai platform e-commerce, baik di luar negeri seperti eBay atau di dalam negeri yang menawarkan Google Drive dengan harga yang tidak masuk akal.

Sudah unlimited alias kuota tidak terbatas, dapat dinikmati seumur hidup lagi. Sudah tentu banyak netizen yang langsung terpana dan gelap mata. Cukup bayar satu kali sudah bisa menikmati layanan digital Google Drive dengan kuota tidak terbatas seumur hidup.

Namun perlu diingat, anda harus siap-siap kehilangan data jika menggunakan layanan semacam itu. Kenapa bisa begitu?

Akun yang lazim dijual di berbagai platform tersebut sebenarnya adalah Google Team Drive/Shared Drive, alias ruang penyimpanan bersama. Seharusnya, Team Drive ini dipakai oleh beberapa orang dalam satu organisasi untuk menyimpan dan membagikan file dan folder.

Penggunaan Team Drive yang dijual tersebut bisa saja melanggar ketentuan TOS Term of Services, jadi anda bagaikan membeli bom waktu dimana jika pelanggaran tersebut terdeteksi Google maka seluruh akun Team Drive tersebut akan dihapus oleh Google tanpa ampun dan anda akan kehilangan data berharga yang anda simpan selamanya.

Tidak percaya? Silakan lihat pengalaman beberapa pengguna Team Drive di bawah ini.

Google Drive UnlimitedGoogle Drive Unlimited Foto: Dok. Vaksincom
Google Drive UnlimitedGoogle Drive Unlimited Foto: Dok. Vaksincom
Google Drive UnlimitedGoogle Drive Unlimited Foto: Dok. Vaksincom

Pertanyaan yang menarik adalah, bagaimana sebenarnya penjual Team Drive ini mendapatkan akunnya dan bisa dijual murah?

Vaksincom melakukan investigasi dan menemukan fakta bahwa Team Drive bahkan bisa di dapatkan secara gratis dan memang benar kuotanya tidak terbatas karena kuota penggunaan Team Drive tidak memotong kuota Google Drive.

Namun yang menjadi masalah adalah Team Drive tidak boleh dibagikan kepada pengguna di luar organisasi dan hanya boleh dipergunakan untuk kepentingan internal organisasi yang dikelola administrator Team Drive.

Anda bisa mendapatkan Team Drive yang dijual murah secara gratis dengan mengunjungi situs yang telah dipersiapkan dan membagikan Google Share Drive secara gratis dengan hanya memasukkan akun google yang anda miliki.

Google Drive UnlimitedGoogle Team Drive ini dibagikan secara gratis, meskipun sebenarnya melanggar ketentuan TOS dari Google Foto: Dok. Vaksincom

Dan menurut pengetesan Vaksincom, memang penggunaan ruang cloud di Team Drive tidak memakan kuota Google Drive dan kuota unlimited memang benar. Namun pelanggaran TOS Term of Service sangat berpotensi membuat akun Team Drive di nonaktifkan oleh Google dan berakibat semua data yang disimpan oleh semua anggota Team Drive akan hilang selamanya dan tidak dapat di recover.

Selain itu, "andaikan" Team Drive ini bisa berumur panjang, tidak 3 bulan di delete seperti yang dialami oleh pengguna pada gambar 1-3 di atas keamanan data yang disimpan di Team Drive ini perlu dipertanyakan karena anda bukan administrator Google Suite (Team Drive) yang anda beli.

Anda hanya sebagai anggota Team Drive membuat posisi anda sangat lemah, karena administrator Google Suite yang memberikan akun Team Drive kepada anda memiliki hak administrator dimana ia bisa mengeluarkan anda dari Team Drive, dalam kasus tertentu mengganti password akun anda dan mengambil alih akun anda kapanpun ia inginkan.

Sehingga Vaksincom menyarankan anda pikir-pikir dulu beberapa kali sebelum menyimpan data penting dan konfidensial di Team Drive yang tidak anda ketahui dengan baik administratornya.

Google Drive UnlimitedTeam Drive tidak memakan kuota Google Drive sehingga benar jika dikatakan unlimited Foto: Dok. Vaksincom

Selain itu, karena organisasi yang anda ikuti untuk mendapatkan Team Drive ini tidak anda kenal, jika ada anggota atau administrator yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Google Drive dan berakibat Team Drive tersebut di hapus, maka semua data yang anda simpan di Team Drive anda akan ikut terhapus, sekalipun anda tidak melakukan pelanggaran.

Lalu ada pertanyaan, bagaimana posisi Google dimana produknya disalahgunakan untuk mendapatkan keuntungan ? Menurut jawaban resmi dari Google, justru mereka menjadi korban dalam hal ini. Kebijakannya memberikan akun gratis ke institusi pendidikan dan organisasi disalahgunakan untuk keuntungan finansial.

Fitur Team Drive yang sebenarnya ditujukan untuk keperluan pendidikan, non profit disalahgunakan. Jika Google mengetahui adanya pelanggaran dalam TOS, maka Google akan melakukan tindakan sesuai dengan yang tercantum dalam ketentuan penggunaan.

*) Alfons Tanujaya adalah ahli keamanan cyber dari Vaksincom. Dia aktif mendedikasikan waktunya memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan cyber security bagi komunitas IT Indonesia.



Simak Video "Duh! Gmail, Google Drive, hingga YouTube Alami Gangguan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)