Cara Tahu Ada Perangkat Lain di Akun Google dan yang Harus Dilakukan

Cara Tahu Ada Perangkat Lain di Akun Google dan yang Harus Dilakukan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 17:53 WIB
A woman holds her smart phone which displays the Google home page, in this picture illustration taken February 24, 2016. A U.S. Jury handed Google a major victory May 26, 2016 in a long-running copyright battle with Oracle Corp over Android software to run most of the worlds smartphones.  REUTERS/Eric Gaillard/Illustration/Files     TPX IMAGES OF THE DAY
Cara mengetahui ada perangkat lain yang login di akun Google milik kamu. Foto: Reuters
Jakarta -

Akun Google menjadi hal yang sangat penting. Google account memiliki begitu banyak personal data dan sering digunakan untuk masuk ke berbagai aplikasi.

Begini caranya untuk mengetahui apakah ada perangkat lain yang login dengan akun Google milikmu:

1. Masuk ke Google Account
2. Pada panel navigasi di sebelah kiri, pilih 'Security' atau 'Keamanan'
3. Pada panel perangkat atau device, sentuh 'Manage devices' atau 'Kelola perangkat'. Di sini kamu akan melihat akun yang baru-baru saja masuk atau keluar dari akun Google milikmu. Dari sini kamu bisa memutus untuk memutus hubungan dengan perangkat yang tidak dikenali.

Selanjutnya, langkah yang harus kamu lakukan adalah mengganti password akun Google milikmu. Pastikan password ini belum pernah digunakan di akun lain dan memakai kombinasi angka dan huruf untuk menjadikan kata sandi kuat. Setelahnya, lakukan verifikasi dua langkah untuk membuat akun semakin aman.

Pantau juga bagian aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses akun. Kamu bisa melihatnya pada bagian Keamanan atau Security. Kamu dapat menghapus jika merasa tidak pernah memberikan permission atau izin aplikasi mengakses data pribadimu.

Mulai sekarang, jangan lalai dengan keamanan data pribadi ya, detikers, karena kita tidak pernah tahu jika data tersebut jatuh ke orang yang jahat bisa saja informasi itu disalahgunakan untuk kepentingannya. Semoga membantu!

Cek informasi lain soal keamanan internet di sini.



Simak Video "Suara Desahan Muncul di Diskusi Virtual Ancaman Siber"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)