Wah, Speaker Pintar Google Nguping Seisi Rumah

Wah, Speaker Pintar Google Nguping Seisi Rumah

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 15:52 WIB
Google Home Speaker
Speaker Pintar Google Tak Sengaja Nguping Seisi Rumah. Foto: Future
Jakarta -

Google secara tidak sengaja mengaktifkan fitur di Google Home yang memungkinkan speaker pintar tersebut mendengarkan suara berbagai objek di ruangan atau di rumah si pemilik speaker.

Salah satu pengguna, melalui forum Reddit, berbagai cerita bahwa dirinya menemukan notifikasi dari Google Home di ponselnya yang memberitahukan bahwa detektor asap di dapurnya mati ketika dia memasak.

Untuk diketahui, perangkat Google Home biasanya hanya akan merespons jika mendengar kalimat perintah untuk mengaktifkannya seperti 'Ok, Google' atau 'Hey, Google'.

"Namun kali ini speaker pintar tersebut mendengarkan suara pasif dan membuat detektor asap 'bodoh' saya menjadi pintar," tulis pengguna Reddit seperti dikutip dari The Independent.

Pengguna lain melaporkan bahwa mereka mendapatkan notifikasi untuk suara gelas pecah, gelembung bubble wrap yang diletuskan, tangki kompresor udara, dan suara-suara bernada tinggi lain yang terdengar seperti alarm.

Merespons banyaknya laporan, juru bicara Google mengatakan bahwa fungsi ini secara tidak sengaja aktif pada update software terbaru mereka. Menurut Google, saat ini celah tersebut sudah diperbaiki.

Google dengan tegas menyebutkan bahwa satu-satunya cara Google Home mendengar dan menuruti perintah pengguna adalah melalui 'Ok Google' atau 'Hey Google'.



Simak Video "Rayakan Ultah ke-22, Google Tampilkan Doodle Pembatasan Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)