Layanan Tak Bisa Diakses, Garmin Kena Ransomware?

Layanan Tak Bisa Diakses, Garmin Kena Ransomware?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 25 Jul 2020 09:02 WIB
garmin
Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET
Jakarta -

Berbagai perangkat wearable buatan Garmin tak bisa terhubung selama hampir sehari penuh, dan penyebabnya diduga adalah serangan ransomware.

Masalah ini berdampak pada perangkat wearable, aplikasi, dan juga call center milik Garmin.

"Kami saat ini mengalami pemadaman yang berdampak pada Garmin.com dan Garmin Connect. Pemadaman ini juga berdampak pada call center, dan kami saat ini tak bisa menerima panggilan telepon, email, ataupun percakapan secara online," tulis Garmin di Twitter dan situs Garmin Connect.

Garmin Connect adalah layanan yang membuat pengguna perangkat Garmin seperti jam tangan Forerunner memantau performanya. Zdnet juga melaporkan kalau flyGarmin, layanan navigasi Garmin pun saat ini tak bisa dipakai.

Dilansir Zdnet, Jumat (24/7/2020), Garmin terpaksa mematikan sejumlah layanannya setelah ada serangan ransomware yang menyandera sejumlah sistem milik Garmin di jaringan internal mereka. Garmin sendiri belum mengkonfirmasi kebenaran kabar ini.

Namun menurut Zdnet, ransomware yang menyerang Garmin ini adalah WastedLocker. Lalu ada juga sebuah memo internal yang diduga berasal dari tim IT Garmin di Taiwan yang menyebut pabrik mereka di Taiwan pun sudah dua hari tak beroperasi, namun tak disebutkan penyebabnya.

Namun sejumlah sumber menyebut kalau penyebab tak beroperasinya pabrik tersebut adalah sebuah virus.



Simak Video "Prediksi NTT: Nilai Tukar Bitcoin Turun, Cryptojacking Ditinggalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)