Website Seskoad Diduga Punya Celah Keamanan yang Ditembus Hacker

Website Seskoad Diduga Punya Celah Keamanan yang Ditembus Hacker

Tim detikcom - detikInet
Jumat, 24 Jul 2020 13:50 WIB
Website Seskoad Di-hack Jumat 24 Juli 2020
Website Seskoad Diduga Punya Celah Keamanan yang Ditembus Hacker (Foto: screenshot)
Jakarta -

Situs resmi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dalam status under maintenance setelah tadi pagi diserang hacker. Diduga ada celah keamanan.

Website ini tadi pagi sempat mengalami deface dan warnanya jadi hitam. Lalu kini dalam perbaikan dan hanya menampilkan halaman putih polos. Modus deface adalah aksi yang sering dilakukan oleh hacker ketika mengganggu website-website resmi milik pemerintah atau swasta. Biasanya dalam aksi deface ini disertakan juga nama para pelaku atau pesan-pesan khusus lainnya.

"Modusnya tidak jauh berbeda. Eksploitasi celah keamanan dan melalui eksploitasi lalu mendapatkan akses untuk deface," kata pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya kepada detikINET, Jumat (24/7/2020).

Untuk pemulihan website menurut Alfons tidak sulit. Tinggal di-restore saja karena web server selalu di-backup. Namun, celah keamanannya perlu ditambal untuk mencegah kejadian berulang dari para hacker.

"Kalau celah keamanan tidak ditutup lalu di-restore ya di hack lagi. Jadi harus evaluasi kenapa kena hack, benahi celahnya baru restore. Dan siapkan dana dan langkah perawatan situs yang teratur dan tidak project based," kata dia.

Alfons juga menyarankan admin website juga berkomunikasi dengan komunitas underground. Karena biasanya di sana disebarkan celah-celah keamanan dan situs-situs yang lemah dan rawan diserang hacker.

"Jadi harusnya dirangkul dan kalau memungkinkan dan aman dijadikan sahabat atau bagian pertahanan IT," saran Alfons.

detikcom masih berusaha menghubungi Puspen TNI terkait kejadian ini. Seskoad adalah lembaga pendidikan tertinggi milik TNI AD yang ada di Bandung. Sekolah yang didirikan tahun 1951 ini bertujuan untuk mendidik para perwira menengah, sebelum menduduki jabatan yang lebih tinggi lagi.



Simak Video "Polisi Ringkus Hacker Peretas Ribuan Situs di Dalam dan Luar Negeri!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)