Google Hapus 813 Creepware dari Play Store, Apa Sih Itu?

Google Hapus 813 Creepware dari Play Store, Apa Sih Itu?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 14 Mei 2020 08:03 WIB
play store
Foto: istimewa
Jakarta -

Google menghapus 813 aplikasi dari Play Store yang masuk dalam kategori aplikasi creepware. Begini penjelasannya...

Istilah creepware ini muncul dari sekelompok akademisi yang meneliti keberadaan aplikasi yang kelakuannya hampir menyerupai sebuah stalker alias penguntit. Para akademisi dari New York University, Cornell Tech, dan NortonLifeLock ini kemudian membuat sebuah makalah berjudul 'The Many Kinds of Creepware USed for Interpersonal Attacks.'

Jadi, creepware ini sebenarnya mengacu pada aplikasi yang tak punya fitur seperti layaknya spyware ataupun stalkerware. Namun aplikasi ini masih bisa dipakai untuk menguntit, mengganggu, menipu, atau mengancam orang lain, baik langsung maupun tak langsung.

Para akademisi itu pun kemudian mengembangkan sebuah algoritma bernama CreepRank yang bisa mengidentifikasi aplikasi yang punya kelakuan seperti creepware tersebut. Kemudian algoritma itu membuat sebuah skor untuk setiap aplikasi yang ada.

Contohnya, algoritma CreepRank bisa mengidentifikasi aplikasi yang bisa mengekstrak pesan SMS dari sebuah perangkat, meniru identitas pengguna dalam percakapan di aplikasi instant messaging ataupun SMS, melancarkan serangan denial of service, menyembunyikan aplikasi, mengontrol akses aplikasi lain, memantau lokasi, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang punya kemampuan tersebut tak masuk kualifikasi sebagai spyware, namun tetap bisa disalahgunakan kemampuannya, atau malah bisa dikombinasikan dengan aplikasi lain agar mempunyai kemampuan yang lebih intrusif.

Meneliti keberadaan creepware di 50 juta perangkat
Setelah membuat algoritma tersebut, tim peneliti itu memakainya untuk mengidentifikasi creepware yang sudah beredar.

Mereka menggunakan data yang disediakan oleh NortonLifeLock yang berasal dari perangkat yang menjalankan Norton Mobile Security. Mereka menjalankan CreepRank pada sampel data anonim dari aplikasi yang terinstal di lebih dari 50 juta ponsel Android.

Data Statistik CreepwareData Statistik Creepware Foto: Istimewa

Analisis terhadap 1000 aplikasi dengan CreepRank tertinggi menyebut 857 di antaranya masuk kualifikasi sebagai creepware, demikian dikutip detikINET dari Zdnet, Kamis (14/5/2020).

Jika algoritma CreepRank diterapkan pada data yang berasal dari 2017, 2018, dan 2019, ada 1095 aplikasi creepware yang jumlah instalasinya melebihi 1 juta kali di seluruh dunia. Data inilah yang kemudian diberikan ke Google, yang kemudian berujung pada dihapus 813 aplikasi yang benar-benar melakukan pelanggaran aturan Play Store.



Simak Video "Dear Pengguna Android, Aplikasi Ini Bisa Bikin Rugi Miliaran Rupiah!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)