Ferdian Paleka Gonta-Ganti Nomor Ponsel, Kok Tetap Bisa Dilacak?

Ferdian Paleka Gonta-Ganti Nomor Ponsel, Kok Tetap Bisa Dilacak?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 08 Mei 2020 14:30 WIB
Polisi menciduk youtuber Ferdian paleka di Tol Merak, Jumat (8/5/2020).
Youtuber Ferdian Paleka Gonta-Ganti Nomor Ponsel, Kok Tetap Bisa Dilacak? (Foto: 20detik)
Jakarta -

YouTuber Ferdian Paleka akhirnya tertangkap juga setelah dirinya dan salah seorang temannya masuk DPO (Daftar Pencarian Orang) akibat ulang prank 'sembako sampah' yang ia lakukan. Ternyata, ia kabur ke Palembang dan disebut sering gonta-ganti nomor ponsel.

"Selama pelarian dia gonta ganti nomor ponsel," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Hendra Suhartiyono kepada wartawan.

Lantas apakah pelacakan memungkinkan sekalipun sudah bergonta-ganti nomor ponsel? detikINET bertanya langsung kepada pakar keamanan internet dari Vaksincom Alfons Tanujaya.

"Di zaman digital ini hampir mustahil untuk bisa menyembunyikan diri ya," ujarnya membuka percakapan.

Menurutnya, meski kebanyakan orang berpikir bahwa nomor ponsel adalah hal yang berperan dalam pelacakan, nyatanya ponsel sendiri dilacak sekalipun sudah berganti-ganti nomor ponsel. IMEI adalah hal yang umum dan biasanya digunakan untuk mengidentifikasi ponsel, misalnya Kemenperin mendeteksi ponsel BM juga dengan memeriksa IMEI.

"Asalkan HP-nya tetap itu, pergerakan tidak bisa disembunyikan," sambungnya.

Meski begitu, ketersediaan sinyal juga dibutuhkan. Ketika orang pergi ke tempat yang jauh dari jangkauan seperti gua atau hutan, maka akan lebih susah terlacak. Tapi jangan senang dulu, Alfons menyebutkan hal itu hanya akan memperlambat waktu penangkapan saja. Secara realistis dalam jangka panjang pasti terlacak pergerakannya.

"Lebih baik kalau ada kasus hukum sportif saja menyerahkan diri kepada pihak berwajib dan selesaikan secara baik-baik. Kalau salah ya terima hukumannya dan minta maaf. Lalu jangan diulangi lagi. Daripada melarikan diri malah memperberat kasus dan menambah ancaman hukuman," kata Alfons menutup percakapan.



Simak Video "Jadi Tersangka, Ini Ancaman Hukuman untuk YouTuber Ferdian Paleka"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)