Google Drive Dukung Keamanan Face ID dan Touch ID

Google Drive Dukung Keamanan Face ID dan Touch ID

Josina - detikInet
Selasa, 05 Mei 2020 20:43 WIB
Google Drive
Google Drive Dukung Keamanan Face ID dan Touch ID. (Foto: istimewa)
Jakarta -

Google telah meluncurkan fitur keamanan baru yakni Layar Privasi untuk Google Drive di perangkat iOS dan iPadOS. Dengan menggunakan Face ID dan Touch ID saat pengguna akan mengakses Google Drive maka sistem akan meminta otentikasi Face ID dan Touch ID.

Sehingga ketika ada orang lain yang ingin membuka dokumen kerja penting atau file pribadi yang sensitif dapat terjaga dengan aman.

Dilansir detiKINET dari TheVerge pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan Layar Privasi dengan segera setelah pengguna beralih ke aplikasi lain.

google drive privasigoogle drive privasi Foto: Google

Jadi Face ID dan Touch ID akan muncul ketika pengguna kembali ke drive atau tunda dulu selama 10 detik, satu menit, atau 10 menit agar perpindahan multitasking misal dari aplikasi lain dengan Google Drive tidak mengganggu sistem keamanan tersebut.

Fitur Layar Privasi ini pun tidak sepenuhnya aman. Karena Google telah memperingatkan bahwa itu tidak melindungi pemberitahuan Drive pengguna, fungsionalitas Siri 'tertentu', file yang dibagikan dengan aplikasi File, foto yang dibagikan dengan aplikasi foto, dan fungsionalitas sistem lainnya.

Google pertama kali mengumumkan fitur tersebut pada bulan lalu, namun baru muncul pada sebagian dari catatan pembaruan di aplikasi ini. Aplikasi Google Drive juga pernah menawarkan perlindungan dengan kode sandi pada beberapa tahun yang lalu, tetapi fitur itu akhirnya ditarik.

Dengan menggunakan keamanan biometrik seperti ini rasanya keamanan lebih aman menginstal aplikasi ini banyak digunakan orang setiap harinya.



Simak Video "Netizen Protes Google Drive Alami Gangguan"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)