Apakah Zoom Aman Bagi Orang Kebanyakan?

Apakah Zoom Aman Bagi Orang Kebanyakan?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 04 Apr 2020 13:29 WIB
Zoom Cloud Meeting
Aplikasi Zoom. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Zoom mungkin tidak benar-benar aman untuk pembicaraan super penting, misalnya urusan pemerintahan atau bisnis rahasia. Akan tetapi bagi pembicaraan biasa agaknya tak perlu khawatir, pakar sekuriti menyebutkan Zoom aman bagi kebanyakan orang.

"Zoom menyatakan saat ini ada 200 juta meeting digelar per hari dan meskipun memang ada kelemahan serius ditemukan, mungkin bisa dikatakan bahwa 199 juta di antara meeting itu tidak dalam bahaya," sebut Joe Tidy, jurnalis keamanan siber BBC.

Diberitakan sebelumnya, lembaga pengawas internet Citizen Lab di Kanada, menyarankan orang pikir-pikir sebelum pakai Zoom, khususnya jika membicarakan sesuatu yang sensitif.

Sebab, sistem keamanan Zoom menurut mereka tak dirancang untuk melindungi pembicaraan penting, dengan penyandian atau enkripsi tidak standar sehingga punya kelemahan.

Meskipun demikian, tentu hacker tidak akan sembarangan menyadap pembicaraan itu, terlebih butuh usaha besar melakukannya. Maka, perbincangan kebanyakan orang takkan terdampak.

"Perlu usaha besar dan waktu lama bagi hacker dan sia-sia mengincar pembicaraan biasa. Targetnya adalah pembicaraan level tinggi direksi perusahaan atau pemerintahan," tulisnya.

Citizen Lab sendiri mengutarakan hal yang sama. Memakai Zoom untuk menghubungi teman, menggelar acara sosial atau perkuliahan tidaklah berisiko karena informasinya pun tidak bernilai bagi orang lain. "Penemuan kami ini tidak perlu menjadi kecemasan," sebut mereka.



Simak Video "Messenger Rooms Facebook Ancam Eksistensi Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)