Awas Corona Virus Finder, Trojan Pencuri Data Kartu Kredit!

Awas Corona Virus Finder, Trojan Pencuri Data Kartu Kredit!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 03 Apr 2020 14:43 WIB
Trojan Virus Corona
Awas Corona Virus Finder, Trojan Pencuri Data Kartu Kredit! (Foto: Dok. Kaspersky)
Jakarta -

Baru-baru ini ditemukan sebuah trojan perbankan yang menyaru sebagai aplikasi bernama Coronavirus Finder. Seperti apa cara kerjanya?

Coronavirus Finder adalah trojan Ginp yang menyaru sebagai aplikasi yang memanfaatkan ketakutan orang terhadap virus corona. Aplikasi ini mengaku bisa menunjukkan orang di sekitar pengguna yang terkena virus corona.

Tampilan antarmukanya sederhana, di mana ia menunjukkan sejumlah orang di sekitar pengguna yang terinfeksi virus tersebut. Lalu aplikasinya akan memaksa pengguna untuk membayar sejumlah uang untuk memperlihatkan lokasi tepat dari orang yang terinfeksi itu.

Ditulis Kaspersky dalam keterangan persnya, aplikasi ini terlihat sangat meyakinkan untuk banyak orang. Terlebih lagi biaya yang dibayarkan relatif murah, dan jika si korban sudah yakin untuk melakukan transaksi tersebut, mereka akan diarahkan ke dalam sebuah laman situs.

Di laman tersebut, korban diminta untuk memasukkan data-data kartu kreditnya. Setelah data-data tersebut dimasukkan, sudah bisa ditebak, data kartu kredit itu pun resmi tercuri.

Mereka bahkan tak akan menagih biaya yang seharusnya dibayarkan untuk melihat lokasi orang yang terinfeksi virus corona itu. Si pencuri kini mempunyai informasi yang jauh lebih berharga ketimbang nominal tersebut.

Tentu saja si korban juga tak akan mendapat informasi mengenai lokasi orang yang positif COVID-19 itu, karena tak ada yang mempunyai informasi seperti ini, bahkan pemerintah pun tak punya data seperti itu.

Menurut Kaspersky Security Network, saat ini korban terbanyak dari Ginp berlokasi di Spanyol. Namun, kemudian ditemukan versi Ginp baru dengan embel-embel 'flash-2', di mana versi sebelumnya bertuliskan 'flash-es12'. Mungkin saja versi baru ini adalah trojan yang bakal disebarkan di luar Spanyol.

Ginp adalah satu dari sekian banyak eksploitasi yang dibuat dengan memanfaatkan virus corona. Sebelumnya ada banyak taktik phishing dan bermacam malware lain yang memanfaatkan isu serupa.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)