Elon Musk Larang Pegawai SpaceX Pakai Zoom, Kenapa?

Elon Musk Larang Pegawai SpaceX Pakai Zoom, Kenapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 02 Apr 2020 09:45 WIB
zoom
Foto: Zoom
San Francisco -

Aplikasi Zoom menjadi salah satu favorit untuk bertatap muka ataupun meeting dalam situasi saat ini di mana banyak orang kerja dari rumah. Namun muncul masalah privasi di aplikasi tersebut yang membuat sebagian pihak khawatir, termasuk Elon Musk.

Dalam bocoran memo, perusahaan pesawat antariksa milik Elon Musk, SpaceX, melarang karyawan menggunakan zoom terkait masalah privasi dan keamanan. Sebelumnya, otoritas Amerika Serikat juga meminta user waspada memakai Zoom.

SpaceX mengembangkan berbagai teknologi antariksa yang dianggap vital bagi keamanan nasional. Maka mereka tidak mau ambil risiko dengan memanfaatkan Zoom.

"Kami mengetahui banyak dari kita memakai tool ini untuk konferensi atau meeting. Mohon pakai email, teks atau ponsel sebagai alternatif komunikasi," sebut SpaceX, dikutip detikINET dari Reuters.

Aturan tersebut berlaku bagi seluruh karyawan SpaceX yang berjumlah sekitar 6.000. Di pihak lain, badan antariksa AS, NASA, juga telah memberlakukan aturan serupa.

FBI telah mengeluarkan peringatan soal Zoom. Mereka berharap pengguna waspada saat membagikan link untuk meeting di Zoom karena sudah ada kasus individu tak dikenal mengikuti rapat perusahaan.

Zoom juga kena masalah karena diam-diam membagikan data pengguna ke Facebook. Untuk masalah ini, pihak Zoom mengklaim telah mematikan fungsi share data tersebut.



Simak Video "Elon Musk Gejala Corona, Misi SpaceX Terancam Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)