Data GPU Xbox Series X Dicuri Hacker

Data GPU Xbox Series X Dicuri Hacker

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 27 Mar 2020 11:20 WIB
Xbox Series X
Data GPU Xbox Series X Dicuri Hacker (Foto: Microsoft)
Jakarta -

AMD ternyata menjadi korban serangan cyber setelah seorang hacker mengaku sukses mencuri sejumlah data graphic processing unit (GPU) mereka dan mengancam akan membocorkan data-data tersebut.

Data GPU yang dicuri itu termasuk source code untuk arsitektur Navi 10 yang dipakai di GPU seri RX 5700, Navi 21, dan Arden yang bakal dipakai di Xbox Series X, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Jumat (27/3/2020).

Hacker yang mencuri data tersebut meminta uang tebusan USD 100 juta untuk source code itu, dan mengancam akan membocorkan semua data tersebut jika tak ada yang menebus. Ia sendiri mengaku menemukan data-data tersebut saat meretas sebuah komputer pada November 2019 lalu, namun AMD sendiri mengaku baru dihubungi oleh hacker tersebut pada Desember.

Tampaknya AMD tak terlalu menganggap serius hacker itu karena menurut mereka source code yang dicuri itu bukanlah hal yang penting, baik untuk kompetitor maupun keamanan arsitektur chip mereka.

Meski begitu, mereka sudah melaporkan hal ini ke pihak berwajib, dan saat ini sudah ditangani dan diinvestigasi. Peretasan tersebut juga mereka sebut tak akan berdampak pada peluncuran Xbox Series X ataupun produk lain.

Namun tetap saja, bocornya informasi ini adalah hal besar yang artinya ada celah di sistem keamanan AMD yang membuat hacker bisa menyusup.



Simak Video "Polisi Ringkus Hacker Peretas Ribuan Situs di Dalam dan Luar Negeri!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)