Waduh, Ada Malware Clicker Menyusup di Puluhan Game Anak

Waduh, Ada Malware Clicker Menyusup di Puluhan Game Anak

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 26 Mar 2020 11:47 WIB
Game Malware Play Store
Ada Malware Clicker Menyusup di Puluhan Game Anak (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Meski Google kerap kali melakukan razia aplikasi di Play Store, tetap saja ada malware yang bisa menyusup. Salah satunya adalah malware clicker yang menyusup di puluhan game dan aplikasi untuk anak-anak.

Menurut laporan Check Point Research, ada 56 aplikasi di Play Store yang bisa menyusupkan malware ke dalam ponsel korban. 24 Di antaranya adalah aplikasi yang menyaru sebagai game kasual untuk anak, termasuk Cooking Delicious dan Let Me Go.

Sebagai informasi, Cooking Delicious adalah aplikasi dengan jumlah pengunduh lebih dari 100 ribu kali dan rating sebesar 4,5 bintang. Ini menunjukkan kalau jumlah pengunduh dan rating tak bisa menjadi penanda asli atau tidaknya sebuah aplikasi.

Malware yang menyusup ke puluhan aplikasi ini bernama Tekya, yang memang menyebar dengan mengkloning aplikasi dan game populer di Play Store. Sebelumnya sudah banyak game dan aplikasi dengan jumlah pengunduh lebih dari 1 juta kali di seluruh dunia yang dihapus oleh Google karena menyimpan Tekya.

Tekya adalah malware bertipe clicker, yang setelah terinstal akan mengklik iklan-iklan di banner untuk menghasilkan pemasukan dari agensi periklanan seperti Google AdMob, Facebook, dan Unity.

Meski sekarang aplikasi-aplikasi tersebut sudah dihapus dari Play Store, besar kemungkinan kalau aplikasi dan game tersebut masih terpasang di banyak perangkat pengguna, dan perlu dihapus secara manual.



Simak Video "Karyawan Google Akan Ngantor Lagi pada 1 Juni 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)