Banyak Pengguna Windows 7 Belum Move On ke Windows 10

Banyak Pengguna Windows 7 Belum Move On ke Windows 10

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 10 Mar 2020 08:04 WIB
Windows 7
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kendati Microsoft telah menghentikan dukungan dan menawarkan upgrade gratis, banyak pengguna Windows 7 belum move on ke Windows 10.

Seperti kita ketahui terhitung Januari 2020, Microsoft tak lagi memberikan pembaruan keamanan pada Windows 7. Perusahaan yang bermarkas di Redmond ini memberikan notifikasi agar pengguna melakukan upgrade ke sistem operasi yang lebih baru.

Namun dua bulan setelah sejak dukungan pada Windows 7 berakhir, tidak ada perubahan nyata. Artinya belum banyak pengguna yang telah bermigrasi ke Windows 10.

Menurut data statistik dari NetMarketShare, sampai dengan Maret, pangsa pasar Windows 7 telah terlihat menurun tetapi jumlahnya masih belum signifikan. Kondisi ini diperkirakan akan berlanjut untuk beberapa bulan ke depan.

Saat ini, Window 7 masih menyumbang 25,2% dari pasar desktop. Posisinya persis di bawah Windows 10 yang punya market share 57,39%.

Banyak Pengguna Windows 7 Belum Move On ke Windows 10Market share OS hingga Maret 2020. Foto: Windowslatest

Ini menjadi bukti bahwa masih banyak pengguna yang tidak siap untuk upgrade ke Windows 10. Meskipun ada risiko keamanan menunggu.

OS tanpa pembaruan keamanan tentunya jadi sasaran empuk bagi para hacker, yang memang mengutamakan sistem yang mudah dieksploitasi. Contohnya adalah ada sekelompok hacker yang menginfeksi lebih dari 230 ribu PC Windows XP dan Windows Server 2003 dengan ransomware WannaCry pada 2017.

Lalu ada juga laporan invasi hacker ke Windows XP dan Windows Server 2003 pada awal 2019. Si pelaku bisa mengakses PC dengan OS yang juga sudah dihentikan dukungannya oleh Microsoft tersebut secara remote dan menyusupkan malware.

Banyak Pengguna Windows 7 Belum Move On ke Windows 10


Simak Video "Microsoft Dikabarkan Akan Beli TikTok, Donald Trump Keukeuh Blokir"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)