Pembajakan Akun Marak karena Lemahnya Password

Pembajakan Akun Marak karena Lemahnya Password

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 03 Mar 2020 09:51 WIB
kejahatan cyber
Foto: Internet
Jakarta -

Berdasarkan Data Breach Investigation Report 2017 (DBIR), tercatat ada 80% kasus pembajakan akun karena lemahnya password dan 30% transaksi online gagal disebabkan lupa password.

Mencermati maraknya kasus pembajakan dan transaksi online gegara password, PT Asli Rancangan Indonesia (Asli RI) perusahaan yang bergerak di bidang biometric security menggandeng LoginID untuk menghadirkan solusi keamanan online, AsliLoginID.

Disebutkan AsliLoginID sebuah solusi Biometric-Authentication-as-a-Service yang menggantikan penggunaan password dengan data biometrik diri untuk meningkatkan akun online milik konsumen.

"Kami percaya AsliLoginID tidak hanya meningkatkan keamanan, tapi juga kenyamanan beraktivitas online," ujar CEO Asli RI Arief Dharmawan seperti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/3/2020).

Sebagai informasi, LoginID yang merupakan perusahaan asal Silicon Valley, AS, yang telah mengantongi sertifikasi FIDO2 Server. Diketahui FIDO Alliance mengeluarkan FIDO2 Server, sebuah set spesifikasi baru yang memungkinkan user menggunakan perangkatnya untuk login menggunakan data biometrik, baik dalam bentuk mobile ataupun komputer via web dan aplikasi.

Dengan demikian, AsliLoginID hadir dengan produk bersertifikasi FIDO2 Server yang menggunakna model kemanan berbasis kriptografi, di mana solusi ini diklaim sudah memenuhi standar open banking Eropa, PSD2, dan juga EU-GDPR yang masing-masing adalah regulasi privasi data paling ketat saat ini.

Disampaikan fitur ni mengikat data biometrik user ke perangkat yang dimiliki dan bekerja secara langsung tanpa perlu menambahkan hardware atau mengunduh software secara khusus.

Adapun kini AsliLoginID sudah diimplementasikan di beberapa instansi penegak hukum dan pemerintahan, seperti BIN, BNN, dan Polri yang tentunya untuk menerapkannya mematok standar keamanan yang tinggi.



Simak Video "Pentingnya Ganti Kata Sandi Medsos Secara Berkala"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)