Kamis, 20 Feb 2020 13:14 WIB

Mozilla Rilis Aplikasi VPN untuk Android dan Windows

Anggoro Suryo Jati - detikInet
VPN Mozilla yang bernama Firefox Virtual Network Foto: Screenshot situs
Jakarta -

Setelah diuji sejak September 2019, Mozilla akhirnya merilis layanan virtual private network (VPN) bernama Firefox Private Network untuk Android dan Windows 10.

Layanan ini bisa diakses dengan menggunakan aplikasi khusus, yang saat ini masih berada pada tahap beta. Untuk bisa menjajal layanan VPN dari pembuat browser Firefox ini pengguna membutuhkan undangan.

Setelah mendapat undangan dan mendaftar, pengguna juga harus membayar USD 4,99 setiap bulannya. Untuk layanan berbayar ini, Mozilla berjanji tak akan mengakses lalu lintas data ataupun history browsing penggunanya.

Standardisasi VPN yang dipakai Mozilla ini adalah Wireguard, yang disebut lebih kencang dan aman dibanding standar lain seperti OpenVPN. Menurut Mozilla, pengguna bisa menggunakan layanan VPN ini di 5 perangkat sekaligus dan terhubung ke server yang berlokasi di lebih dari 30 negara.

Layanan VPN Mozilla ini berawal dari sebuah ekstensi untuk Firefox yang mulai dijajal pada September 2019 lalu di Amerika Serikat, demikian dikutip detikINET dari The Next Web, Rabu (19/2/2020).

Sebenarnya ada sejumlah browser yang sudah terintegrasi dengan VPN, contohnya Opera. Namun tak ada jaminan lalu lintas data yang melewati VPN tersebut tak dipantau oleh si penyedia layanan.



Simak Video "Fitur-fitur Baru di Versi Teranyar Firefox Lite"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)