Tips Agar Tak Jadi Korban Malware Piala Oscar

Tips Agar Tak Jadi Korban Malware Piala Oscar

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 10 Feb 2020 13:52 WIB
Piala Oscar
Tips agar Tak Jadi Korban Malware Oscar. Foto: Getty Images
Jakarta -

Menyebarnya malware atau file berbahaya di internet berkedok copy film nominasi Oscar 2020, diawali dari minat tinggi netizen terhadap film-film ini. Ada tipsnya supaya kalian tak menjadi korban kejahatan cyber.

"Untuk menghindari penipuan dari para pelaku kejahatan cyber, tetaplah berpegang dan berlangganan pada platform streaming resmi untuk memastikan kalian dapat menikmati malam yang menyenangkan di depan TV tanpa harus khawatir akan adanya ancaman," kata Anton Ivanov, salah satu analis malware Kaspersky dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (10/2/2020).

Agar terhindar dari kejahatan cyber yang mendompleng film-film nominasi Oscar, Kaspersky merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

  • Perhatikan tanggal resmi peluncuran film di bioskop, layanan streaming, TV, DVD, atau sumber lainnya
  • Jangan mengklik tautan yang mencurigakan, seperti yang menjanjikan tampilan film terbaru, selalu memeriksa tanggal rilis film di bioskop dan melacaknya
  • Lihatlah ekstensi file yang diunduh. Bahkan jika kalian akan mengunduh file video dari sumber yang kalian anggap tepercaya dan sah, file tersebut harus memiliki ekstensi .avi, .mkv, atau .mp4 di antara format video lainnya, dan sekali lagi, bukan dalam .exe
  • Periksa keaslian situs web. Jangan mengunjungi situs web yang memungkinkan untuk menonton film sampai kalian yakin bahwa itu legal dan mulailah dengan 'https'.
  • Konfirmasikan bahwa situs web tersebut asli, dengan memeriksa ulang format URL atau ejaan nama perusahaan, membaca ulasan tentang situs tersebut dan memeriksa data pendaftaran domain sebelum memulai unduhan.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.


Simak Video "Hati-hati! Ada Ancaman Keamanan Bagi Ponsel dari Konten Porno"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)