Kisah Hacker Elit Rusia yang Diadili di AS

Kisah Hacker Elit Rusia yang Diadili di AS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 29 Jan 2020 20:55 WIB
kejahatan cyber
Foto: Internet
Jakarta -

Seorang penjahat cyber Rusia terkenal bernama Aleksei Burkov dijatuhi hukuman di pengadilan di Amerika Serikat setelah mengaku bersalah atas kejahatannya. Begini kisahnya...

Burkov mengaku bersalah karena menjalankan sebuah marketplace online tempat para penjahat bertransaksi dan menjalankan sebuah situs tempatnya menjual nomor kartu kredit dan debit curian.

Bisnis yang dijalankan oleh Burkov itu sejauh ini sudah meraup sekitar USD 20 juta, dan anehnya, pemerintah Rusia benar-benar tak ingin Burkov diekstradisi ke AS, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (29/1/2020).

Burkov sendiri ditangkap pada 2015 di sebuah bandara dekat Tel Aviv, Israel, dan pada 2017, pengadilan distrik di Israel menyetujui ekstradisinya ke AS. Sejak saat itu Rusia bersikeras untuk melawan keputusan tersebut selama bertahun-tahun, karena sepertinya Burkov terlalu banyak tahu rahasia pemerintahan.

Namun akhirnya pada pada 2019 Burkov diekstradisi ke AS, dan menurut US Attorney Office, ia mengaku bersalah atas sejumlah tuduhan dan menghadapi ancaman hukuman penjara selama 15 tahun.

Salah satu alasan mengapa Burkov bisa diekstradisi ke AS adalah karena situsnya yang bernama Cardplanet, menjual banyak kartu kartu kredit curian milik warga AS.



Simak Video "Tokopedia Jawab Soal Kebocoran 15 Juta Data Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)