Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi

Kolom Telematika

Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi

Alfons Tanujaya - detikInet
Selasa, 14 Jan 2020 17:17 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Banjir yang terjadi di Jakarta saat memasuki Tahun Baru 2020 menyisakan banyak cerita suka dan duka, tak terkecuali banjir parah yang menimpa sebagian besar Jakarta.

Banyak netizen yang menghujat, namun tidak kalah banyak pula yang membela pejabat yang seharusnya bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Di tengah keriuhan ini, sempat beredar broadcast WhatsApp mengenai Facebook Page pejabat yang dianggap paling bertanggung jawab atas kejadian ini, disertai ajakan untuk unlike FB Page pejabat tersebut. (lihat gambar 1)

Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi


Kalau kebanjiran kita boleh jengkel. Tapi, kepala tetap dingin dan jangan mudah terpengaruh broadcast yang mudah diarahkan untuk kepentingan pihak tertentu. Ada beberapa cara meningkatkan like FB Page secara cepat, antara lain:


Mengganti nama page


Page yang ingin meningkatkan namanya secara instan, bisa saja mengambilalih page lain yang sudah banyak like-nya dan mengganti namanya dengan nama FB Page/Fan Page yang diinginkan.

Merger antar page

Page dengan like yang sedikit digabungkan dengan page lain sehingga otomatis like beberapa page bergabung sehingga menjadi besar.

Malware (Malicious Software)

Malware adalah aplikasi jahat yang diciptakan untuk menyalahgunakan hak akses yang dimiliki perangkat komputer atau akun online kalian, misalnya akun Facebook.

Malware yang menginfeksi akun kalian melakukan banyak hal seperti mengumpulkan informasi atau aktivitas, melakukan hal lain seperti like page atau melakukan posting menggunakan akun kalian.

Lalu bagaimana mengetahui apakah kalian menjadi korban malware atau tidak?

 Malware bisa menginfeksi banyak tempat, kalau dulu malware bisa menginfeksi hardware komputer atau smartphone, sekarang software yang kalian gunakan seperti browser (Chrome atau Firefox) juga bisa terinfeksi malware.

Hal ini biasanya teridentifikasi dengan ciri-ciri: aplikasi mendadak menjadi lambat, ada aplikasi yang tidak kalian kenal tahu-tahu terinstal, kalian sering mendapatkan pop up atau iklan sekalipun kalian tidak membuka browser.

Bisa juga search engine yang biasanya kalian gunakan tahu-tahu berubah menjadi search engine lain. Jangan anggap sepele karena ini pertanda kalian terinfeksi malware.

 Akun Facebook kalian juga bisa menginstal aplikasi malware, biasanya hal ini teridentifikasi jika akun kalian sering melakukan posting spam atau mengirimkan pesan yang tidak kalian ketahui atau inginkan.

Jika kalian ingin mengamankan hardware dan browser kalian dari malware, gunakan program antivirus yang memiliki perlindungan Web Shield (lihat gambar 1).

Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi


Jika akun Facebook kalian terinfeksi malware, biasanya akan digunakan untuk follow akun atau like FB Page yang tidak diinginkan. Kalian bisa memeriksa 'activity log' dan menghapus pesan yang tidak dilakukan dan unlike FB Page yang tidak kalian like.

Tindakan Preventif, Kuratif dan Investigasi

Page Transparency

Lalu pertanyaannya, bagaimana memeriksa sebuah FB Page, apakah sebelumnya pernah berganti nama atau merupakan merger dari beberapa FB Page? Kalian bisa memeriksa pada pilihan Page Transparency yang dapat diakses pada halaman FB Page yang bersangkutan.

Misalnya, penulis mengambil contoh FB Page Yayasan Bhakti Luhur Indonesia. Menurut informasi dari Page Transparency, rupanya page ini pada awalnya dibuat dengan nama "Perkasih Bhakti Luhur Surabaya" pada tanggal 8 September 2010 dan namanya diubah menjadi "Yayasan Bhakti Luhur Indonesia" pada 16 Januari 2018 (lihat gambar 2).

Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi


Lalu bagaimana memeriksa apakah akun kita mengandung aplikasi berbahaya yang berpotensi melakukan like dan melakukan posting?

- Login ke akun Facebook Anda.
- Ketik https://www.facebook.com/settings?tab=applications (lihat gambar 3)

Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi

Teliti semua aplikasi yang terinstal di Facebook Apps Anda dan jika ada yang mencurigakan atau tidak diinginkan, segera hapus dengan klik kotak kecil di sebelah kanan dan klik tombol [Remove].

Salah satu contoh aplikasi Autolike adalah aplikasi yang memalsukan diri sebagai aplikasi dari Sony Experia seperti gambar 4 di bawah ini.

Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi


Untuk artikel mengenai sepak terjang Autolike yang marak di tahun 2013 ini dapat dilihat pada artikel Vaksincom di https://www.vaksin.com/0113-facebook-autolike

Memeriksa Page Activity

Lalu jika Anda penasaran, kok tahu-tahu profil kalian like satu page dan ingin mengetahui kapan kalian nge-like page tersebut, mungkin dengan mengetahui kapan profil Facebook kalian like page tersebut bisa membantu merefresh memori.

Ini bisa dilakukan dengan cara:

Masuk ke halaman privasi

Kemudian scroll ke bawah terus sampai saat pertama kali membuka akun Facebook. Jika akun Facebook kalian aktif dan banyak posting, cara ini akan memakan waktu cukup lama. Ya, hitung-hitung sambil throwback ke masa lalu.

Setelah itu, gunakan search dari browser dengan menekan [Ctrl] [F] dan ketikkan kata kunci/nama page yang ingin diketahui dan kalian akan mendapatkan informasi kapan kalian nge-like page tersebut. (lihat gambar 4)

Beberapa Penyebab Akun Kalian Nge-like FB Page Politisi



*) Alfons Tanujaya adalah ahli keamanan cyber dari Vaksincom. Dia aktif mendedikasikan waktunya memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan cyber security bagi komunitas IT Indonesia.

Simak Video "Facebook: Literasi Internet Sudah Baik, Hanya Aksesnya Kurang Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)