Kisah Perang 3 Tahun Google Lawan Joker - Halaman 2

Kisah Perang 3 Tahun Google Lawan Joker

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 13 Jan 2020 20:13 WIB
Kisah Perang 3 Tahun Google Lawan Joker (Foto: istimewa)

SMS penipuan dan menyedot pulsa


Joker adalah malware yang mengambil keuntungan finansial dari korbannya. Pada versi awal, Joker berfokus pada SMS fraud, yang salah satu bentuk serangannya adalah dengan memaksa korban mengirimkan SMS ke nomor premium yang bakal menyedot pulsa.

Saat Google memperketat izin akses SMS di Android, pembuat Joker mengubah taktiknya menjadi WAP fraud. Yaitu mengarahkan korban untuk mengakses sebuah laman pembayaran melalui koneksi WAP, di mana pembayarannya dilakukan lewat pulsa atau tagihan telepon.

Kedua teknik ini memang populer di kalangan pembuat malware, pasalnya metode pembayaran di teknik ini hanya menggunakan verifikasi perangkat, bukan verifikasi penggunanya.


Maksudnya adalah operator telekomunikasi hanya bisa memverifikasi permintaan dari perangkat korban, namun mereka tak bisa mengetahui apakah permintaan itu dilakukan langsung oleh pengguna atau dilakukan oleh malware.

Malware WAP ini menjadi masalah besar pada tahun 2000-an dan mulai muncul kembali pada 2017. Kini, menurut Google, aksi Joker bisa dibilang adalah puncak dari skema penipuan melalui WAP.


Kisah Perang 3 Tahun Google Lawan Joker
(asj/asj)