Jumat, 13 Des 2019 15:10 WIB

Awas! Pengguna iPhone dan Instagram Jadi Incaran Hacker

Agus Tri Haryanto, Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Untuk memuluskan aksinya, hacker rupanya melihat perangkat dan layanan media sosial yang dipakai korbannya. Adalah iPhone dan Instagram yang disebut jadi incaran para peretas tersebut.

Berdasarkan studi yang dilakukan Case24 yang dikutip dari Phone Arena, Jumat (13/12/2019) mereka menyelidiki aksi hacker yang menargetkan smartphone dengan merek dan aplikasi tertentu, untuk mengetahui mana yang lebih rentan untuk dibobol.



Alhasil bahwa iPhone dan Instagram yang paling banyak diincar hacker. Perlu jadi catatan, temuan ini identifikasi untuk wilayah Amerika Serikat dan Inggris saja.

Disebutkan, pengguna iPhone bisa 192 kali lebih berisiko menjadi sasaran peretas daripada pemilik perangkat Huawei. Padahal, upaya peretasan dua merek di atas angkanya rentangnya sangat jauh. Dalam studi kategori ini, Case24 tidak menyebutkan per model ponselnya, hanya mengambil brand-nya saja.

Kalian Pengguna iPhone dan Instagram? Maka Hati-HatilahFoto: Screenshoot


Case24 memaparkan merek ponsel yang paling banyak diretas di AS secara berurutan ditempati iPhone (48.010), Samsung (3.100), LG (670), Sony (320), Nokia (260), dan Huawei (250).

Di sisi lain, hampir 50 ribu orang setiap bulannya di negeri Paman Sam mencari informasi bagaimana cara meretas iPhone.

Sementara itu, beralih ke aplikasi, Case24 menemukan Instagram lebih rentan ketimbang diretas dibandingkan layanan WhatsApp, YouTube, Facebook, maupun Netflix sekalipun.

Kalian Pengguna iPhone dan Instagram? Maka Hati-HatilahFoto: Screenshoot


Fakta-fakta ini membuktikan kalau Instagram lebih banyak menarik upaya hacker untuk menjebolnya ketimbang layanan lainnya.

Untuk mengetahui hal tersebut, metodologi yang dipakai Case24 hanya memanfaatkan hasil pencarian yang diketik netizen di Google.



"Ketika menyelidiki berapa kali orang mencari cara meretas merek ponsel yang berbeda. Hasilnya menunjukkan perbedaan besar antara merek di tempat pertama dan merek lain. Data dikumpulkan dengan menganalisis volume pencarian Google bulanan untuk melihat berapa banyak orang Amerika mencari informasi tentang cara meretas berbagai aplikasi atau merek ponsel," tuturnya.

Simak Video "Waduh! Akun Instagram Luna Maya Diretas"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)