Password Dicuri? Google Chrome Bakal Beri Peringatan

Password Dicuri? Google Chrome Bakal Beri Peringatan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 12 Des 2019 11:40 WIB
Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Google mulai merilis Chrome versi 79 dengan sejumlah fitur baru. Namun fitur yang paling penting adalah fitur peringatan untuk password pengguna yang dicuri hacker.

Sebenarnya fitur ini adalah perluasan dari ekstensi bernama Password Checkup yang sebelumnya sudah tersedia sebagai aplikasi tambahan untuk Chrome. Fungsinya adalah memberi peringatan ke pengguna saat passwordnya sudah tak aman lagi.

Definisi tak aman di sini adalah jika username atau password tersebut muncul dalam 4 miliar data yang dikumpulkan Google. Database ini berasal dari sejumlah peretasan yang pernah terjadi sebelumnya, yaitu ketika si hacker 'melepas' hasil aksinya ke dunia maya.

Saat Chrome menemukan username atau password yang serupa dengan databasenya, mereka akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk memperbarui passwordnya. Fiturnya sendiri bakal aktif setiap pengguna login ke laman apa pun menggunakan Chrome. Fitur ini pun bisa diatur oleh pengguna dalam pengaturan sync di Chrome.


Dalam melakukan pengecekan, Google menggunakan mengenkripsi setiap password secara berlapis. Tujuannya agar Google bisa mengecek dengan aman menggunakan teknik bernama 'private set intersection with blinding'.

Selain pengecekan password, Google juga meningkatkan perlindungan phishing dengan opsi real time. Google mengklaim perlindungan baru ini bisa memperingatkan pengguna di sekitar 30% kasus phishing.

Persentase ini terbilang besar karena para penipu biasanya dengan cepat mengubah domain yang dipakai untuk situs phishingnya, ataupun menyembunyikan situsnya dari crawler milik Google. Padahal, Google secara aktif terus memperbarui daftar situs phishingnya setiap 30 menit sekali.

Chrome versi 79 ini sudah mulai dilepas ke pengguna, dan fitur-fiturnya sendiri akan diluncurkan untuk Chrome versi desktop secara bertahap, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (12/12/2019).


Password Dicuri? Google Chrome Bakal Beri Peringatan


Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)