Rabu, 11 Des 2019 12:05 WIB

iPhone 11 Pro Suka Kirim Lokasi User ke Apple, Pelanggaran?

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - iPhone 11 Pro jadi smartphone baru andalan Apple. Namun belakangan ia kerap mengirimkan data lokasi user, mungkin tanpa pengguna tahu.

Alhasil kondisi ini memunculkan kekhawatiran terkait isu privasi. Pakar cybersecurity Brian Krebs dalam situsnya KrebsOnSecurity, seperti dilihat Rabu (11/12/2019) mengatakan iPhone 11 Pro secara berulang mencari lokasi user dan mengirimkan datanya ke Apple.

Dalam pernyataan resmi Apple terkait Location Service tertulis begini, "Jika Location Service menyala, iPhone Anda secara berkala mengirim lokasi geo-tag hotspot WiFi atau menara seluler secara anonim dan terenskripsi ke Apple."

Masalahnya menurut Krebs, Location Service tetap menyala meskipun fitur lokasi dimatikan. Krebs mengkritisi, apakah itu tidak bertabrakan dengan kebijakan privasi yang dijunjung tinggi oleh Apple.
Pihak Apple menjawab Krebs. Mereka menegaskan tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan pengguna iPhone 11 Pro. Ikon Location Service pada setingan iPhone memang begitu adanya.

"Kami tidak melihat ada implikasi terhadap keamanan," kata pihak Apple.

Krebs masih mencoba berdebat, menurutnya hal ini tidak terjadi pada iPhone 8. Sehingga dia mengatakan kondisi ini lebih pada perangkat iPhone 11-nya, bukan terkait software.



Simak Video "Apple Resmi Perkenalkan iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)