Kamis, 05 Des 2019 07:10 WIB

iPhone 11 Pro Tercyduk Kumpulkan Data Lokasi

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Apple mengumumkan iOS 13 punya pengaturan privasi yang ditingkatkan. Namun kenyataannya iPhone 11 Pro masih melacak posisi pengguna kendati Location Services dinonaktifkan.

Adalah laman Krebs on Security yang mengungkap semua itu. Mereka mendapati iPhone 11 Pro tetap melakukan ping modul GPS-nya untuk mengumpulkan data lokasi dan tanpa menyembunyikannya.


Bila mengacu kebijakan privasi Apple sendiri, iPhone memang secara berkala mengirimkan lokasi pada titik WiFi atau menara seluler dalam bentuk anonim dan terenkripsi. Apple menyatakan hal itu dapat dinonaktifkan secara sistematis per aplikasi.

Tapi temuan Kerbs mendapati sebaliknya. Dalam video yang mereka publish terlihat bahwa meski menonaktifkan Location Services per aplikasi, mematikan penerimaan data, GPS masih terus melakukan ping ke server secara misterius ketika kembali online.



Dalam sebuah pernyataan, engineer Apple mengungkapkan mereka tidak melihat risiko keamanan. Ikon panah yang muncul saat Location Services diaktifkan adalah sesuatu yang wajar.

Ikon itu pun bisa muncul saat Location Services dinonaktifkan. Karena ada layanan sistem yang tidak memiliki tombol switch di Settings.

Ini yang kemudian menimbulkan tanda tanya apakah Apple menyembunyikan sesuatu dari penggunanya karena ada fitur yang tidak dapat dimatikan. Sejauh ini perusahaan berbasis di Cupertino itu belum mengomentari lebih lanjut soal temuan Krebs, demikian dilansir dari GSM Arena, Kamis (5/12/2019).

Simak Video "Apple Resmi Perkenalkan iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)