Kamis, 14 Nov 2019 15:50 WIB

Duh, 15 Antivirus Populer di Android Ini Ternyata Berbahaya

Josina - detikInet
Ilustrasi smartphone. (Foto: Unspslah) Ilustrasi smartphone. (Foto: Unspslah)
Jakarta - Tak hanya pada komputer dan laptop, smartphone pun juga memiliki aplikasi antivirus untuk melindungi ponsel dari serangan program jahat. Tapi bukan berarti aplikasi antivirus selalu aman, beberapa justru membahayakan.

Para peneliti keamanan VPN Pro telah menemukan adanya 15 aplikasi antivirus Android yang populer ternyata memiliki efek merusak bagi ponsel.

Dilansir detikINET dari Mirror, Jan Youngren salah satu peneliti keamanan tersebut melalui blognya telah memberikan peringatan kepada pengguna Android untuk segera menghapus aplikasi antivirus tersebut.


"Aplikasi ini sangat populer dan berpotensi berbahaya. Hal ini karena mereka meminta penggunanya untuk memberi mereka banyak akses izin berbahaya yang rasa-rasanya tidak mereka butuhkan," tambahnya.

Izin akses tersebut meliputi beragam hal, di antaranya meminta akses untuk mengetahui posisi pengguna kapan saja, diberi izin untuk menyalakan kamera, dan bahkan memakai ponsel tanpa sepengetahuan pengguna. Artinya, aplikasi itu bisa melakukan hal-hal yang tidak semestinya.

"Sebagai contoh, permission di Virus Cleaner untuk upload file di sistem Anda bisa berujung penambahan malware ke ponsel yang untuk menghilangkannya, Anda harus bayar," paparnya.


Fenomena tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi Youngren. Pasalnya ada dua aplikasi ini yang telah diundur lebih dari 2 miliar kali yakni Antivirus Free 2019 dan Clean Master serta Security Master.

Dijelaskan oleh Youngren, aplikasi ini sebenarnya sudah diketahui memiliki aktivitas yang mencurigakan dan merugikan banyak pengguna, namun sayangnya masih tersedia di Google Play Store.

"Meskipun aplikasi ini telah terbukti bersalah atas kegiatan berbahaya ini di masa lalu, mereka masih tersedia di Google Play dan mengumpulkan jutaan instalasi setiap bulan," ujarnya.

Ia pun menyarankan dan memperingati pengguna Android untuk lebih waspada tentang aplikasi yang diunduh. Selain itu, VPN Pro juga mengatakan agar pengguna mengunduh dari aplikasi dengan merek terpercaya dan mengecek lebih detail izin aplikasi yang diberikan.

Berikut deretan aplikasi antivirus yang berbahaya menurut data VPN Pro:

1. Security Master - Antivirus, VPN, AppLock, Booster
2. Clean Master - Antivirus, Applock & Cleaner
3. Antivirus Free 2019 - Scan & Remove Virus, Cleaner
4. 360 Security - Free Antivirus, Booster, Cleaner
5. Antivirus Android
6. Virus Cleaner 2019 - Antivirus, Cleaner & Booster
7. Super Cleaner - Antivirus, Booster, Phone Cleaner
8. Antivirus Free - Virus Cleaner
9. Virus Cleaner, Antivirus, Cleaner (MAX Security)
10. Super Phone Cleaner: Virus Cleaner, Phone Cleaner
11. Super Security - Antivirus, Booster & AppLock
12. Antivirus & Virus Cleaner (Applock, Clean, Boost)
13. 360 Security Lite - Booster, Cleaner, AppLock
14. Antivirus Free 2019 - Virus Cleaner
15. Antivirus Mobile - Cleaner, Phone Virus Scanner

Simak Video "OPPO hingga Samsung Bisa Nikmati Android 10"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)