Senin, 16 Sep 2019 13:40 WIB

Celah iOS 13 Bikin iPhone 11 dan 11 Pro Rentan

Rachmatunnisa - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Sina Mobile Foto: Sina Mobile
Jakarta - Dirilisnya iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max akan melengkapi kehadiran sistem operasi iOS 13. Sayangnya ada kejutan tidak menyenangkan karena ditemukan celah pada sistem operasi terbaru Apple tersebut.

Dengan kata lain, iPhone 11 dan 11 Pro akan dikapalkan bersama celah keamanan iOS 13 yang sebelumnya sudah terkonfirmasi. Untuk diketahui, celah ini memungkinkan hacker mengakses semua informasi kontak yang tersimpan di ponsel.

Temuan ini diungkap peneliti keamanan cyber Jose Rodriguez. Melalui video YouTube, dia mendemokan bagaimana kerentanan celah ini bisa memperoleh akses ke daftar kontak pemilik ponsel dengan melakukan panggilan FaceTime, kemudian mengaktifkan fitur Siri VoiceOver.

[Gambas:Youtube]


Lalu, seberapa serius isu keamanan ini? Masalah terkait keamanan apapun tentunya jangan dianggap main-main. Namun tidak semua peretasan setara. Hal pertama yang perlu dikatakan mengenai hal ini adalah, celah keamanan ini jauh dari metodologi serangan langsung dan mengharuskan penyerang untuk memiliki akses fisik ke iPhone yang jadi sasaran.

Bagi sebagian besar orang, mungkin celah ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Terlebih lagi, begitu si hacker memegang iPhone 11 milik kalian (atau iPhone apa pun yang berbasis iOS 13), dia perlu melakukan panggilan telepon atau sesi FaceTime dari ponsel lain dan serangkaian respons yang relatif kompleks.

Jadi tenang saja, tentunya ini bukan serangan yang bisa dilakukan dalam beberapa detik, sewaktu kalian meninggalkan iPhone di atas meja saat ke toilet misalnya.


(Halaman selanjutnya: Pertolongan Pertama)

(rns/rns)