Selasa, 13 Agu 2019 08:29 WIB

Thanks to Google! Celah Keamanan iPhone Berhasil Teratasi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tim analis keamanan Google Project Zero beberapa waktu lalu menemukan celah keamanan dari Apple iPhone. Mereka menemukan bugs pada iMessage Apple yang mana bisa membuat seseorang di-hack hanya dengan menerima pesan.

Pada konferensi keamanan Black Hat di Las Vegas pada beberapa waktu silam, peneliti Project Zero Natalie Silvanovich menjelaskan beberapa bug di iOS iMessage Apple yang dapat dieksploitasi untuk mendapatkan kontrol perangkat pengguna.


Apple telah memperbaiki enam dari beberapa daftar tersebut, sementara sisanya belum, seperti dikutip detikInet dari Wired.

"Ini dapat diubah menjadi semacam bug yang akan mengeksekusi kode dan pada akhirnya dapat digunakan untuk hal-hal yang dipergunakan misalnya untuk mengakses data Anda," kata Silvanovich.

"Jadi skenario terburuknya adalah bahwa bug ini digunakan untuk membahayakan pengguna."

Salah satu bug tanpa paling menyeramkan yang ditemukan Silvanovich adalah masalah mendasar yang dapat memungkinkan peretas untuk dengan mudah mengekstrak data dari pesan pemilik pengguna.


Penyerang dapat mengirim pesan teks yang dibuat khusus ke target, dan server iMessage akan mengirim kembali data pengguna tertentu, seperti konten pesan atau gambar SMS mereka. Korban bahkan tidak perlu membuka aplikasi iMessage mereka agar serangan itu berhasil.

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk pencegah hal itu terjadi adalah dengan terus memperbaharui OS dan aplikasi sebab Apple telah memperbaiki masalah tersebut lewat update iOS 12.4 dan macOS 10.14.6.

Thanks to Google! Celah Keamanan iPhone Berhasil Teratasi


Simak Video "Hati-hati! WhatsApp di iPhone Gampang Di-hack"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)