Minggu, 19 Mei 2019 15:38 WIB

Mac Jadul Bisa Kena 'ZombieLoad'

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi komputer Mac. Foto: istimewa Ilustrasi komputer Mac. Foto: istimewa
Jakarta - Baru-baru ini, ditemukan kerentanan yang mempengaruhi prosesor buatan Intel bernama ZombieLoad. Rupanya Mac jadul juga bisa terkena ZombieLoad.

Kerawanan ZombieLoad disebabkan adanya cacat desain chip yang hampir ada di semua chip yang diproduksi sejak 2011. Celah keamanan itu akan membocorkan semua data yang saat ini dimuat oleh inti prosesor, sehingga peretas dapat secara efektif mengeksploitasi kecacatan desain ini.

Laptop yang terkena ZombieLoad juga rentan terhadap serangan di cloud. Celah keamanan tersebut dapat dipicu dalam mesin virtual dan memecah isolasi asli antara mesin virtual, sistem virtual lainnya, dan perangkat host mereka.




Sebenarnya, Intel telah merilis microcode baru bagi para produsen komputer untuk menambal kerentanan tersebut. Namun seperti sudah disebutkan di awal, beberapa komputer masih potensial menjadi sasaran ZombieLoad.

Dikutip dari AppleInsider, Minggu (19/5/2019), komputer Mac lama masih rentan terhadap serangan jenis ini. Dalam dokumen yang dirilis website Apple, tertulis bahwa komputer Mac yang rilis sebelum 2011 bisa terkena serangan ini.

"Seri ini (Mac yang rilis sebelum 2011) mendapat update keamanan macOS Mojave, High Sierra atau Sierra, tapi tidak bisa mendukung perbaikan dan mitigasi karena tidak mendapat update microcode dari Intel," tulis Apple.




Sebagai gantinya, Apple punya halaman khusus yang mereka sebut 'full mitigation' atau mitigasi penuh sebagai antisipasi yang setidaknya akan mengurangi kemungkinan terjadinya serangan.

Namun demikian, cara ini akan mengurangi performa perangkat hingga 40%. Tidak diketahui ada berapa banyak pengguna yang masih menggunakan komputer Mac jadul yang rilis sebelum 2011.

Kabar baiknya, serangan ZombieLoad disebut cukup sulit untuk dilakukan. Dengan demikian, peluang para pengguna terkena serangan tersebut relatif rendah.


(agt/krs)