Jumat, 17 Mei 2019 21:02 WIB

Terkait Spyware, WhatsApp Imbau Pengguna Update Aplikasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
FOKUS BERITA Spyware WhatsApp Call
Jakarta - WhatsApp mengingatkan pengguna layanannya untuk segera melakukan pembaharuan ke versi yang lebih anyar. Diberitakan sebelumnya, WhatsApp sedang dilanda kerentanan keamanan di mana panggilan telepon di aplikasi ini bisa disusupi spyware.

"WhatsApp menyarankan pengguna untuk mengupdate aplikasi dan sistem operasi ponsel ke versi terbaru, untuk menghindari potensi-potensi eksploitasi dan penyusupan data di perangkat mobile," ungkap juru bicara WhatsApp kepada detikINET, Jumat (17/5/2019).

Sejauh ini, juru bicara tersebut enggan untuk memberi informasi lebih lanjut isu spyware tersebut. Disebutkan bahwa WhatsApp terus melakukan upaya perlindungan terhadap para penggunanya.




"Kami terus bekerja dengan mitra di industri untuk memberikan keamanan dan perlindungan bagi para pengguna," ucapnya.

Proses update pada dasarnya dapat dilakukan seperti biasa, ketika hendak melakukan pembaruan aplikasi pada umumnya di perangkat pengguna. Berikut update versi WhatsApp terbaru:

- WhatsApp for Android versi 2.19.134
- WhatsApp Business for Android versi 2.19.44
- WhatsApp for iOS versi 2.19.51
- WhatsApp Business for iOS 2.19.51
- WhatsApp for Windows Phone 2.18.348
- WhatsApp for Tizen 2.18.15

Celah keamanan melalui WhatsApp Calls pertama kali dilaporkan oleh media Financial Times. Mereka menyatakan bahwa WhatsApp Call bisa disusupi spyware asal Israel. Spyware itu diduga kuat buatan perusahaan Israel bernama NSO Group. Spyware ini bisa menginvasi telepon WhatsApp pada versi Android dan iOS dan berpotensi meraup data penting pengguna.




Spyware ini tak hanya bisa menyusupi lewat panggilan telepon via WhatsApp, bahkan meskipun panggilan telepon itu tak dijawab oleh pengguna. Dalam sejumlah kasus panggilan yang tak terjawab ini bisa hilang dalam dari daftar panggilan sehingga pengguna tidak menyadari adanya telepon tersebut.

Spyware merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang bertugas untuk memantau dan memata-mata aktivitas penguna internet. Fungsi Spyware menjadi negatif apabila bisa digunakan untuk melihat dan mencuri data pengguna. (agt/fyk)
FOKUS BERITA Spyware WhatsApp Call

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed