Kamis, 16 Mei 2019 20:02 WIB

Tanggapan Lengkap Intel Terkait ZombieLoad

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Alexander Koerner/Getty Images Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta - Intel memberi pernyataan lebih lanjut mengenai temuan celah keamanan pada prosesor buatannya, yang memungkinkan serangan hacker -- ZombieLoad.

Seperti diberitakan sebelumnya, celah tersebut ditemukan oleh peneliti dari Graz University of Technology. Penemuan ini langsung dilaporkan kepada Intel.

Menurut Intel, celah ini ditemukan di semua prosesor yang dirilis sejak tahun 2011. Untuk menangkis serangan, Intel sudah menyarankan semua pengguna PC untuk memperbarui sistem software-nya.

Intel sendiri telah memperbaiki celah ini di semua lini prosesornya, termasuk Intel Xeon, Broadwell, Sandy Bridge, Skylake, dan Haswell. Perusahaan lain seperti Apple, Google, dan Microsoft juga telah merilis update untuk menambal celah ini.




Atas pemberitaan tersebut, juru bicara Intel memberikan pernyataan lebih lanjut mengenai ZombieLoad. Berikut pernyataan Intel dalam rilis persnya:

Intel menyadari adanya Microarchitectural Data Sampling (MDS) yang berpengaruh pada perangkat yang menjalankan chip kami.

Microarchitectural Data Sampling (MDS) sudah ditangani pada tingkat perangkat keras di sejumlah prosesor Intel Core Generasi ke 8 dan 9, serta grup Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-2. Untuk produk lain yang terkena dampak, mitigasi tersedia melalui pembaruan mikrokode, ditambah dengan pembaruan terkait dengan sistem operasi dan perangkat lunak hypervisor yang tersedia mulai hari ini.

Kami telah memberikan informasi terkait hal ini di situs web kami dan terus mendorong semua orang untuk selalu memperbarui sistem mereka, sebagai salah satu cara terbaik untuk tetap terlindungi. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada para peneliti yang bekerja bersama kami dan mitra industri kami atas kontribusinya dalam pemberitahuan yang terkoordinasi mengenai masalah-masalah ini.

(krs/fyk)