Sabtu, 04 Mei 2019 23:50 WIB

Go-Jek Luncurkan Fitur Keamanan Baru untuk Mitra Go-Life

Robi Setiawan - detikInet
Foto: Dok. Go-Life Foto: Dok. Go-Life
Jakarta - Go-Jek, melalui layanannya Go-Life kembali memperkuat layanan kemanannya dengan meluncurkan dua fitur keamanan tambahan khusus mitra, yaitu Know Your Customer (KYC) dan customer rating.

"Kami menyadari bahwa mitra kami memainkan peranan penting dalam layanan Go-Life sekaligus ekosistem Go-Jek. Oleh karena itu, menjaga rasa aman dan nyaman mitra dalam bekerja merupakan salah satu prioritas utama kami," kata Head of Go-Life Dayu Dara dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/5/2019).

"Dengan fitur keamanan terbaru yakni KYC serta customer rating, diharapkan mitra kami bisa bekerja lebih baik dan menghasilkan pelayanan yang maksimal, tanpa khawatir akan keamanan dan kenyamanan dirinya," tambahnya.

Untuk lebih menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna dan mitra Go-Massage, fitur Know Your Customer dalam aplikasi Go-Life diwajibkan bagi pengguna Go-Massage yang memesan di atas pukul 22.00. Menurut Dayu, proses KYC juga didesain tidak merepotkan penggunanya, yaitu cukup dengan mengunggah foto diri disertai tanda pengenal.


Selain itu, saat ini Go-Life juga memberlakukan customer rating pada aplikasi khusus mitra, yang mana para mitra dapat memberikan rating serta komentar terhadap pelanggan usai menjalankan order. Diharapkan lewat fitur ini, baik mitra dan pelanggan bisa merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan aplikasi Go-Life.

Lebih lanjut, seiring dengan meningkatnya perhatian masyarakat terhadap topik kekerasan seksual, Go-Life pun meluncurkan gerakan #MulaiRespek dengan menggandeng beberapa institusi, seperti Bareskrim Polri bagian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK).

Gerakan #MulaiRespek dimaksudkan untuk menggelar pelatihan terkait dengan keamanan dan keselamatan kerja bagi lebih dari 3.500 mitra Go-Massage. Para mitra Go-Massage juga dibekali dengan pelatihan teknik dasar bela diri dari tim Go-Life yang terlatih.

Kanit IV Subdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri, AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif dari Go-Life, dalam memberikan pengetahuan kepada mitranya akan keamanan dan keselamatan dalam bekerja. Masyarakat perlu menyadari bahwa risiko bahaya bisa dihadapi oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.


"Untuk itu, kami ingin menggunakan kesempatan baik ini untuk mengimbau masyarakat agar selalu waspada dalam beraktivitas. Khusus untuk mitra Go-Massage, kami anjurkan untuk selalu mengikuti aturan dan panduan yang telah ditetapkan Go-Life demi keamanan dan keselamatan," ujar Rita.

Adapun materi pelatihan disusun secara komprehensif, mencakup pengetahuan tentang jenis-jenis pelecehan seksual serta langkah mitigasi risiko seperti apa yang dapat diambil apabila menghadapi kasus tersebut.

Sementara itu, menurut hasil riset yang dilakukan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), 95 persen mitra perempuan merasa lebih percaya diri dalam memenuhi kebutuhan hidup tanpa bergantung pada siapa pun semenjak bergabung bersama Go-Life.

Dengan tingginya tingkat kepercayaan mitra terhadap Go-Life selama ini, fitur-fitur dan gerakan perlindungan mitra terutama mitra perempuan, sepertinyang baru diluncurkan ini pun menjadi sangat penting. (idr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed