Kamis, 18 Apr 2019 11:45 WIB

Situs KPU Dibombardir Serangan Tiap Hari

Ardhi Suryadhi - detikInet
Foto ilustrasi hacker, terkait situs KPU yang harus menghadapi serangan tiap hari. (Foto: Rob Kim/Getty Images) Foto ilustrasi hacker, terkait situs KPU yang harus menghadapi serangan tiap hari. (Foto: Rob Kim/Getty Images)
Jakarta - Publik mengeluhkan situs KPU tak bisa diakses. Pada sejumlah kesempatan situs KPU down. Di balik layar, situs KPU rupanya juga dibombardir serangan tiap hari.

Hal itu diungkap relawan Tim IT KPU M. Salahuddien dalam percakapan dengan detikINET, Kamis (18/4/2019). Menurutnya, ada saja serangan yang mengarah ke situs KPU setiap harinya.

Serangan tersebut tak ayal membuat tim IT KPU harus berjibaku untuk mengantisipasi. Sebenarnya, seberapa besar intensitas serangan-serangan itu sendiri?




"Agak susah untuk menyebut besar kecilnya karena mungkin menurut saya besar, tetapi menurut yang lain berbeda. Namun, yang pasti kita nggak lihat suatu serangan besar atau kecilnya, semuanya kita anggap serius dan kita antisipasi," katanya.

Serangan itu sendiri, ucap pria yang akrab disapa Didin Pataka tersebut, salah satunya memang bertujuan untuk bikin situs KPU down sebagaimana yang sudah terjadi beberapa kali belakangan ini.

"Tujuan serangan yang datang punya gol beragam," ujarnya menjelaskan.




"Dari pengalaman teman-teman kemarin, ada yang usil atau memang punya niat untuk berusaha bikin down (membuat tumbang situs KPU). Namun, syukurnya kita sudah melakukan peningkatan dari sejumlah hal. Termasuk untuk mengantisipasi serangan yang bakal masuk."

"Dan mudah2an dengan adanya antisipasi dari anti DDos yg dipasang, arsitektur yg lebih baik, mudah-mudahan serangan yang masuk bisa diantisipasi," tuturnya.

Lalu apakah pada tanggal 17 April kemarin ada peningkatan serangan ke sistem KPU? "Kalau dicek ke teman-teman sepertinya nggak ada yang macam-macam."



(krs/rns)